Sabtu, 30 November 2013

Home » » Inilah Desain Kapal ‘Kota Terapung’ Pertama di Dunia

Inilah Desain Kapal ‘Kota Terapung’ Pertama di Dunia



Dunia Informasi - Sebuah proyek ambisius ditawarkan oleh perusahaan asal Florida, Amerika Serikat. Mereka mendesain sebuah kapal raksasa yang akan dijadikan kota. Ya, kapal itu akan jadi kota terapung pertama di dunia.

Dinamai Freedom Ship, kapal ini didesain memiliki 50 ribu hunian permanen di 25 lantai yang dimilikinya. Di sana terdapat semua sarana kehidupan seperti sekolah, rumah sakit, toko hingga galeri seni dan klub. Bahkan disediakan bandara di bagian atas kapal yang bisa menampung pesawat terbang kecil yang berpenumpang 40 orang.

Kapal raksasa itu direncanakan untuk selalu berlayar keliling dunia dan tidak pernah berhenti di satu tempat terlalu lama. Mestinya 70 persen waktu Freedom Ship digunakan untuk berlabuh di kota-kota besar dan sisanya berlayar antar benua. Pembuatan konstruksi awal direncanakan menelan biaya USD 6 miliar dan membutuhkan waktu bertahun-tahun hingga bisa berlayar di laut.

“Freedom Ship akan jadi kapal terbesar yang pernah dibuat sekaligus jadi kota terapung yang pertama di dunia,” ucap Roger M Gooch, CEO Freedom Ship International. “Ini akan menjadi proyek skala besar dan kondisi perekonomian dunia sedang tidak mendukung proyek seperti kami ini. Tapi kami mulai mendapatkan dana.”

Jika sudah jadi maka Freedom Ship akan memiliki tinggi 106 meter dan panjang 1,3 km. Kota terapung ini akan ditenagai energi gelombang laut dan tenaga surya. Rute pelayarannya dari Afrika ke Australia lalu menuju Asia Timur melintasi Pasifik sebelum akhirnya tiba di pantai Amerika Utara.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar