Rabu, 20 November 2013

Home » » Indahnya Bukit Coklat, Destinasi Indah di Filipina

Indahnya Bukit Coklat, Destinasi Indah di Filipina


Dunia Informasi - Disorot dunia setelah ada badai yang menerpa perbukitan ini beberapa waktu lalu. Turis asing pun semakin yakin, bahwa Filipina masih mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik. Daya tarik lainya dinegara ini adalah pantai-pantai yang masih alami dan sepi. Namun, masih ada lho daya tarik lainya yang dimiliki Filipina, selain dengan pantai-pantai tersebut yaitu The Chocolate Hills.

The Chocolate Hills, atau disebut juga dengan perbukitan coklat terbentuk dengan cara geologi yang tak biasa yang hanya ada di profinsi Bohol. Filipina yang mempunyai bentuk bukit-bukit sebanyak 1.260 bukit yang tersebar di area seluas lebih dari 50 kilometer persegi. Bukit-bukit tersebut merupakan bukit kapur yang ditumbuhi rerumputan hijau, pada saat musim kemarau tiba rerumputan hijau tersebut akan berubah menjadi coklat. Itulah yang disebut bukit coklat.



The Chocolate Hills, Filipina

Bukit Cokelat yang berjumlah ribuan
ini menyebar di Kota Carmen, Batuan, dan Sagbayan. Disetiap kota memiliki tempat untuk melihat pemandangan tersebut. Namun, yang paling banyak adalah di kota Carmen, wisatawan lebih suka melihat bukit coklat dari kota ini.

Secara geologis, bukit coklat ini telah terbentuk pada masa jutaan tahun silang, yang dulunya merupakan gundukan kapur. Gundukan kapur ini kemudian melebur dengan adanya hujan, air permukaan dan juga erosi dari sungai yang bergabung dengan proses tektonik hingga menjadi perbukitan. Bukit-bukit ini kemudian
terpisahkan dengan adanya dataran- dataran datar yang mengandung banyak gua-gua dan mata air.

Dalam legenda yang dipercayai oleh masyarakat Bohol, pada zaman dahulu, bukit cokelat ini bisa  terbentuk karena ada perkelahian antara dua raksasa, yang saling melempar batu dan pasir. Setelah mereka berdua selesai berkelahi, mereka meninggalkan begitu saja sisa pertempuran, dan akhirnya terciptalah sebuah bukit coklat yang ada sampai sekarang ini.

Bukit coklat tersebut telah menempatkan kota Bohol dalam peta pariwisata Filipina jauh sebelum mempromosikan pantai-pantai disana. Bukit coklat merupakan ikon kota tersebut serta dengan bukit coklat Kota bohol bisa terkenal. Dari 1.247 bukit-bukit tersebut, dua diantaranya telah dibangun resor untuk wisatawan. Sebelumnya resor hanya dapat ditemukan di Kota Carmen.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar