Jumat, 20 Juni 2014

Home » , » Mencuci Daging Ayam Bisa Bikin Bakteri Menyebar?

Mencuci Daging Ayam Bisa Bikin Bakteri Menyebar?



Dunia Informasi – Mencuci daging ayam sebelum mengolahnya menjadi masakan, pasti sudah biasa dan dilakukan oleh hampir semua orang. Namun sebuah studi menyatakan bahwa kebiasaan mencuci daging ayam hanya akan membuat bakteri yang terdapat di dalamnya akan menyebar.

Dilansir oleh Viva dari Dailly Mail, nama bakteri berbahaya itu adalah campylobacter, yang menjadi penyebab dari munculnya masalah kesehatan seperti keracunan makanan. Problem keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri tersebut di negara Inggris sudah membuat 280 ribu orang menderita per tahun.

Jika sebelumnya dianggap bahwa dengan mencuci ayam akan menghilangkan bakteri tersebut, ternyata malah bakteri itu akan menyebar bersama air. Bahkan apabila Anda menyiram ayam di bawah kucuran air keran, maka bakteri akan tersebar hingga 1 meter seiring air yang memercik.

Bakteri itu juga dapat bertahan hidup hingga 2 – 5 hari usai terjadi kontak atau penyebaran. Dan itu masih bisa menyebabkan terjadinya keracunan makanan. Terutama mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah, dan lansia yang rentan mengalami keracunan fatal.

Dampak berbahaya dari keracunan makanan adalah terjadinya dehidrasi akibat muntah dan diare yang dialami oleh penderita. Selain itu, seseorang yang mengalami keracunan makanan dapat mengalami artritis reaktif, juga iritasi pada usus besarnya.

Sebuah kasus keracunan akibat bakteri dari ayam yang menyebar membuat pasien yang bernama Ann Edwards, 67 th, menderita infeksi kandung kemih serta gagal ginjal pula. Jadi memang penyakit apapun tak boleh diremehkan sebab dapat merambat ke penyakit lain yang lebih parah.

Cara mengolah daging ayam yang tepat adalah dengan langsung merebusnya hingga matang, sebab bakteri akan mati dalam suhu tinggi. Jika Anda hendak membuang airnya usai merebus, itu pun tak mengapa, lalu diganti dengan air yang baru.

# via sidomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar