Jumat, 13 Juni 2014

Home » » Studi: Menikah Lebih Sehat daripada Melajang

Studi: Menikah Lebih Sehat daripada Melajang




 Dunia Informasi – Mereka yang menikah dikatakan jauh lebih sehat dan umur panjang ketimbang orang yang memutuskan untuk melajang atau sekadar hidup bersama

Pernyataan ini diperkuat hasil penelitian Pusat pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat. Dari penelitian tersebut, disimpulkan pria yang telah menikah jauh lebih sehat dari pria lajang, yang terbukti lebih sering mengunjungi dokter.

Para ilmuwan telah mempelajari perbedaan antara pasangan yang menikah dan melajang selama beberapa waktu. Secara keluruhan, mereka yang menikah memiliki hidup yang lebih sehat ketimbang mereka yang lajang.

Banyak hal yang bisa menjelaskan fenomena ini. Pasangan yang menikah akan saling mengingatkan secara rutin untuk menjaga kesehatan. Hal ini tidak dialami oleh mereka yang hidup sendiri.

Kendati demikian, para peneliti tidak sepenuhnya yakin apa yang membuat pasangan menikah lebih mungkin untuk menjaga kesehatan dibanding para lajang. Namun ada faktor yang bisa memainkan peran untuk saling menjaga kesehatan satu sama lain.

Sedangkan kesepian telah dikaitkan dengan dampak kesehatan yang selalu merugikan. Kondisi ini kerap menghadirkan rasa stres dan deperesi.

Secara biologis, stres akan membuat kesehatan seseorang mudah terpuruk dan rentan pada penyakit. Mudah untuk merokok, minum alkohol dan terjebak dalam situasi yang membahayakan.

Di samping itu, penelitian yang dilakukan di Havard Medical School mengungkapkan, pernikahan sangat baik bagi kesehatan jantung, serta membantu hidup panjang untuk mereka yang menderita penyakit kanker. (ms)


Sumber: Medical News Daily

• VIVAlife

Tidak ada komentar:

Posting Komentar