Rabu, 12 Maret 2014

Home » , » Laba-laba Juga Bisa Bersosialisasi

Laba-laba Juga Bisa Bersosialisasi




. Dunia Informasi – Seekor laba-laba besar mungkin terlihat seperti makhluk pembunuh yang ganas. Mereka cenderung penyendiri dan tidak mampu bersosialisasi. Namun, siapa sangka, ahli biologi mengklaim, laba-laba bisa menjadi hewan yang mampu bekerja sama. Mereka yakin setiap laba-laba memiliki kepribadian yang berbeda.

Dilansir dalam laman Daily Mail, Selasa, 15 Oktober 2013, sekelompok peneliti dari Universitas Pittsburgh, AS, dikabarkan mempelajari perilaku laba-laba rumput. Mereka menemukan bahwa kepribadian laba-laba tidak hanya menentukan kelangsungan hidup makhluk itu, tapi juga memberikan kontribusi bagi keberhasilan atau kegagalan kehidupan sosialnya.

Tim peneliti yang dipimpin Jonathan Pruitt ini menemukan, sementara sebagian besar laba-laba hidup soliter dan sangat teritorial di jaring mereka, beberapa spesies justru hidup dalam kelompok sosial.

Dalam kelompok sosial ini, laba-laba betina akan membentuk kelompok dan hidup dalam satu jaring. Mereka akan saling berbagi tugas. Ada yang berperan membesarkan anak dan ada pula yang berperan mempertahankan rumah jaring mereka dari penyusup.

Selama enam bulan, peneliti mendirikan tiga koloni laba-laba di yang berbeda di Tennessee. Tiga koloni itu dibagi atas sepasang laba-laba jinak, sepasang laba-laba agresif, dan sepasang campuran. Peneliti membiarkan ketiga koloni itu selama enam bulan.

Koloni jinak awalnya berkembang paling baik. Mereka bereproduksi lebih cepat. Namun, jaring mereka diserang oleh laba-laba agresif. Telur dan makanan mereka dicuri hingga akhirnya koloni ini punah enam bulan kemudian.

Sementara itu, koloni agresif dan campuran cenderung lebih aman, meski mereka lambat dalam reproduksi. Rupanya, mereka bisa saling bahu-membahu untuk menjaga rumah jaring mereka. Dari sinilah terlihat bahwa laba-laba tidak selamanya hidup sendiri dalam jaring mereka. Mereka juga mampu menunjukkan kerja sama dan hidup dalam kelompok sosial untuk menjaga kelangsungan hidup.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar