Rabu, 05 Maret 2014

Home » , » Ban Baru Bridgestone Cukup Puaskan Rossi

Ban Baru Bridgestone Cukup Puaskan Rossi

 
Dunia Informasi – Bridgestone menggelar sesi ujicoba khusus di Phillip Island untuk mengetahui performa ban baru mereka. Sejauh ini ban baru yang disediakan cukup memuaskan para pebalap, termasuk Valentino Rossi.

Ujicoba di Phillip Island digelar secara khusus menyusul kekacauan yang terjadi di MotoGP Australia musim lalu. Ketika itu beberapa perubahan mendadak dilakukan pihak penyelenggara yang khawatir dengan masalah keamanan ban terkait baru diaspalnya permukaan lintasan.

Kontroversi merebak pasca balapan tersebut. Selain karena Marc Marquez terkena diskualifikasi karena dianggap melanggar aturan, Bridgestone juga dapat banyak kecaman karena dianggap tak mampu menyiapkan ban yang mumpuni dan aman untuk dipakai.

Pada hari pertama ujicoba yang digelar pada Senin (3/3/2014) kemarin, Jorge Lorenzo berhasil mencatatkan diri sebagai pemilik waktu terbaik. Sementara Rossi duduk di posisi ketiga.

"Jorge dan saya melakukan pekerjaan yang berbeda dan saya menemukan beberapa hal positif, bukan soal performa tapi soal daya tahan ban. Kami menuju arah yang tepat dan Jorge juga gembira dengan ban-ban yang dia coba hari ini," sahut Rossi di MCN.

"Target saya adalah mencoba mendapat performa yang bagus dengan daya tahan yang lebih baik dan jika kami bisa meraihnya maka saya akan sangat gembira. Bukan tak mungkin mendapatkan ban yang lebih cepat dan pada saat bersamaan punya daya tahan. Hal baiknya adalah Bridgestone bekerja ke arah yang tepat untuk menciptakan ban yang tahan semua kondisi balapan dan tidak kehilangan banyak grip," lanjut pebalap Yamaha itu.

Dari lima pebalap MotoGP yang ikut tes hari pertama tersebut mengeluhkan kondisi ban yang disediakan. Namun menurut Rossi, selain ban yang semakin baik, kondisi lintasan juga semakin ramah dibanding lima bulan lalu.

"Permukaannya sudah lima tahun lebih tua dan sudah jauh berkuran agresif dibanding Oktober, yang membuat kerja ban di tes ini jadi lebih mudah dan itu adalah kabar baik. Biasanya aspal ini lebih agresif saat masih baru dan kemudian secara terus menerus akan kehilangan daya cengkramnya selama enam sampai tujuh tahun. Jika itu terjadi maka akan lebih mudah buat bannya," tuntas dia.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar