Minggu, 10 Maret 2013

Home » , » 5 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat

5 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat



Rutinitas harian yang sangat padat sering terganggu dengan gangguan sakit kepala. Walaupun ringan, sakit kepala yang datang kadang membuat konsentrasi menurun. Ada beberapa obat untuk meredakan sakit kepala, tapi Anda bisa meredakan sakit kepala ringan dengan cara alami yang tidak memberi efek samping.

Pijat Titik Khusus
Untuk melegakan ketegangan pada bagian leher dan melancarkan aliran darah menuju kepala, pijat lembut bagian dua titik tengkuk leher, tepat di bawah tengkorak. Bisa juga Anda melakukan pijatan pada daerah bukit antara jempol dan telunjuk. Tekan perlahan dan pijat lembut.

Mandi
Saat pulang ke rumah dan mendapati kepala terasa berat dan pusing, Anda bisa mandi dengan cara mengguyur badan atau di bawah shower. Arahkan shower pada tengkuk dan bagian bahu menuju leher. Agar terasa lebih nyaman, Anda bisa menggunakan air hangat. Jika Anda menggunakan gayung, siapkan seember air hangat yang sudah dicampur sejumput garam dan sereh yang sudah dimemarkan. Perpaduan bahan alami itu akan membuat tubuh lebih rileks dan memudahkan tidur. Seringkali sakit kepala disebabkan tubuh yang letih dan otot yang tegang.

Tidur Atau Berbaring
Tidur adalah salah satu cara regenerasi atau 'reparasi' tubuh dari dalam. Tidur dapat membuat tubuh lebih segar dan mengurangi keletihan tubuh. Akan lebih baik jika Anda tidur dengan cahaya yang minim atau tidak di daerah yang terang. Kalaupun Anda tidak sempat tidur, luangkan waktu untuk berbaring, pejamkan mata dan buat tubuh tenang hingga rasa sakit kepala berkurang.

Minum Air Hangat atau Jus Buah
Menikmati segelas minuman hangat dapat meredakan otot yang kaku dan membuat tubuh lebih tenang dan rileks. Jika sakit kepala Anda ringan, cobalah mengonsumsi minuman hangat. Anda bisa memilih jahe hangat, lemon tea hangat, atau jus buah tanpa es. Hal ini juga baik untuk menghangatkan tubuh saat udara dingin atau musim hujan.

Kompres Leher
Jika leher kaku, kepala terasa tidak enak dan pusing, maka kompreslah bagian tengkuk leher dengan handuk hangat. Bisa juga Anda mengompres bagian bahu menuju leher. Jika tidak ada handuk hangat, Anda bisa menggantikannya dengan minyak yang memberi rasa hangat atau balsem.

Cara-cara tersebut dapat Anda lakukan jika mengalami sakit kepala ringan dan menekan efek samping obat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar