Minggu, 24 Juni 2012

Home » Tutorial Membuat Blog di Blogspot

Tutorial Membuat Blog di Blogspot


Kenapa harus di blogspot? secara gitu, hosting gratis, widget gratisan banyak.. keren banget kan? pastilah.. apalagi blogger membolehkan blogger-blogger untuk memasang iklan di blognya (kalau wordpress yang saya denger sih gak boleh pasang iklan di blognya).

Tapi itu semua tergantung tujuan anda masing-masing, jika memang anda buat blog hanya untuk mengeluarkan uneg-uneg di hati (baca:gondok) ya saya sarankan pake wordpress aja. soalnya di wordpress seonya bagus,(katanya sih..) tapi ya, sesuaikan saja sama kebutuhan.

ok, lanjut tutorialnya.


  1. Langkah pertama : anda harus punya email google

    kenapa harus email google? ya karena blogger/blogspot ini punyanya si mbah ya mau gak mau kita harus bikin akun di emailnya si mbah. Kalau bingung cara daftar email di google/gmail search aja ya di google dengan keyword cara daftar gmail.

  2. Setelah daftar, kemudian anda masuk ke situs bloggernya www.blogger.com

  3. Nah kalau sudah anda tinggal masuk lewat email yang anda bikin tadi dan jangan lupa passwordnya, jangan lupa untuk memilih bahasa yang ingin di gunakan, jika anda ingin memilih bahasa indonesia pilih bahasa indonesia, jika ingin inggris ya english.. masa gitu aja harus di ajarin sih :P



  4. kalau sudah anda tinggal klik tombol ciptakan blog anda.



  5. Dan di tahap ini sebenarnya anda sudah punya akun di blogger, tapi bagaimana dengan blog anda? blog anda belum diciptakan, karena anda belum punya url blog anda. jadi disini anda akan dimasukan ke halaman pengecekan url anda, tips saja dari saya gunakan nama yang mudah di ingat, karena pengalaman saya berkunjung ke blog orang kebanyakan url mereka dinamakan dengan nama yang aneh-aneh. misal http://guehgaholbangetz.blogspot.com, coba bandingkan dengan nama http://guegaulbanget.blogspot.com mana yang lebih cepat diingat?

    Tapi sayangnya karena sudah banyak blog yang beredar makin sedikit nama blog yang unik dan simpel, karena itu kita harus mengecek url-url yang belum terpakai untuk dipasangkan ke blog kita. Dan jangan kaget kalau nama yang anda inginkan biasanya sudah ada yang memakai.



    Pilih nama blog sampai keluar tulisan alamat blog ini tersedia. Lalu klik lanjutkan..

  6. Lalu di tahap ini anda di haruskan untuk memilih template untuk blog anda, template ini adalah template standart dari blogger, memang kurang menarik tapi pilih saja dulu, karena nanti bisa diganti dengan template keren yang banyak beredar di internet. Kalau sudah, klik lagi tombol lanjutkan.



  7. Ok.. blog anda sudah dibuat pada tahap ini, anda bisa mengaksesnya dengan alamat yang anda buat tadi. jika ingin membuat postingan baru anda tinggal klik tombol mulai blogging dan nantinya anda akan dibawa ke halaman postingan.



  8. Pada halaman posting ini anda akan membuat artikel, terserah anda mau mengisikannya dengan posting apa saja, sesuai dengan keinginan anda. kalau bang nanda pada awal posting mengisi tentang biografi dari bangnanda yang bisa dilihat disini atau anda bisa mengisikannya dengan Hello world. Biasanya jika kita belajar pemrograman apa saja pasti kata-kata yang ditampilkan selalu hello world, anda tahu kenapa? kalau saya sih tidak, hehehe..



    di kanan atas editor terdapat 2 tab, yaitu edit html dan tulis. jika anda mengklik edit html anda bisa menambahkan tulisan dengan kode-kode html untuk mempercantik tulisan, seperti membuat tulisan berkedip , atau

    berjalan

    untuk membuatnya kita diharuskan mengerti kode-kode html, nanti saya akan posting kode-kode html untuk mempercantik tulisan. Lalu pada tab tulis kita hanya difasilitasi edit text standart, seperti bold, italic, underline. ya mirip-mirip ms.Word lah..

  9. jika sudah dibuat posting nya lalu kita publish ke blog kita dengan menekan tombol, terbitkan entry. lalu posting akan segera masuk ke halaman blog kita.. mudah dan simpel kan?
Sumber:

2 komentar:

  1. Kunjungan balasan.. Thx Sobat telah berkunjung dan meninggalkan pesan di blog wordpres saya : endangkusman.wordpress.com. Sorry bila profil Blogger saya tidak dapat dibuka. Saya juga sedang belajar Blogger di blog baru saya : abahblogs.blogspot.com ... Kapan-kapan silahkan mampir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung, saya juga masih baru coba coba saja, sekedar cari pengalaman, syukur syukur bisa memberi sedikit manfaat dengan membagi kembali apa yang sebenarnya sudah ada di internet juga ...

      salam santun

      Hapus