Minggu, 17 Juni 2012

Home » Seluk Beluk Video Camera

Seluk Beluk Video Camera


Trend Video Camera
Setiap momen dalam kehidupan sangat berharga. Aktivitas liburan bersama keluarga, pertunjukan konser musik, pertandingan olahraga, dan keperluan pekerjaan menjadikan sebuah alat perekam merupakan sebuah kebutuhan demi mengabadikan momen-momen itu. Tidak jarang, orang menggunakan handphone atau kamera digital untuk mengabadikan. Namun, demi mendapatkan kualitas terbaik, terutama untuk gambar bergerak, dibutuhkan perangkat yang lebih mumpuni dan camcorder dapat menjadi solusinya.
Trend Video Camera
Dalam memilih camcorder, kita harus hati-hati, jangan terjebak dengan banyaknya merek dan model yang saat ini beredar. Salah-salah, Anda akan menyesal karena kualitas tidak sesuai keinginan dan ketinggalan zaman. Apalagi perangkat elektronik yang menggabungkan kamera dan perekam video dalam satu unit dengan kualitas baik ini termasuk produk mahal dan memerlukan perawatan yang lebih telaten. Teliti, dengan hati-hati, jenis dan fitur unggulan dari perangkat tersebut sebelum memilih camcoder.



Kebutuhan dan Model Camcorder
Pastikan Anda sudah memiliki gambaran akan apa yang hendak Anda lakukan dengan camcorder. Misal, apabila kegiatan yang akan direkam nanti lebih banyak berada di luar ruangan, jangan sampai memilih perangkat yang juga dikenal dengan sebutan handycam ini yang lebih optimal untuk kegiatan di dalam ruangan, ataupun sebaliknya. Beberapa tahun terakhir, banyak jenis camcorder yang beredar di pasaran dengan berbagai kemampuan, berikut beberapa di antaranya.

Trend Video Camera













Camcorder DVD
 
Camcorder dengan media penyimpanan DVD menggunakan keping DVD ukuran 8 cm. Video langsung direkam pada keping DVD dengan kapasitas 1,4 GB untuk single side dan kapasitas 2,6 GB untuk yang double side. Data dari DVD dapat langsung dipindahkan ke komputer dengan mudah. Pada DVD single side, waktu perekaman maksimum adalah 20 menit untuk video kualitas tinggi dan 60 menit untuk video kualitas rendah. Pada DVD double side waktu perekaman 2x lebih lama. Karena kapasitasnya terhitung paling rendah, maka camcorder jenis ini memerlukan banyak persediaan DVD 8 cm agar pemakainya dapat merekam cukup lama. Kemudahan merekam dan kemudian bisa langsung dilihat hasilnya di layar TV tanpa harus mengedit menjadikan camcorder ini berguna untuk keseharian.

HDD Camcorder
 
Jika ingin memaksimalkan waktu merekam, jenis HDD (Hard Disk Drive) camcorder adalah pilihan tepat. HDD camcorder tersedia dalam kapasitas hingga 160 GB atau bahkan lebih tinggi dengan kemampuan rekam antara 7-10 jam. Hasil rekam bisa diputar ulang atau bisa dihapus. Pemindahan data dari HDD ke komputer dapat dilakukan dengan mudah. Jenis camcorder ini cocok bagi yang senang berwisata, karena tidak perlu khawatir kehabisan memory penyimpanan.

Flash/Memory Card Camcorder
 
Camcorder ini nyaman dibawa ke manapun karena bentuknya kecil, ringan, murah, daya tahan baterai cukup panjang, dan sistem removable storage yang menguntungkan. Pemakai juga dapat memilih kapasitas memory card sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, yaitu 4 GB, 8 GB, 16 GB, atau yang terbesar saat ini, yaitu 32 GB, setara dengan 7 jam video kualitas tinggi atau 22 jam video kualitas rendah. Dengan model yang sederhana, camcorder ini cocok untuk pemula. Harga juga tergolong lebih murah dibanding jenis camcorder lain.

Pocket Camcorder
 
Pocket camcorder cukup populer saat ini karena bentuknya yang kecil dan tipis sehingga mudah dibawa ke mana-mana, termasuk berlibur. Di samping itu, camcorder ini cepat merespon bila ada momen-momen yang ingin cepat diambil karena fiturnya mudah dan sederhana untuk dioperasikan. Pocket camcorder banyak menggunakan video MPEG-4/H.264 yang tidak banyak membutuhkan waktu jika hasil video ingin ditransfer ke PC. Cukup dengan USB kabel yang menghubungan antara jack USB ke PC. Jenis camcorder ini memiliki beberapa keterbatasan. Lensa yang terpasang berukuran kecil sehingga mempengaruhi kualitas video serta audio yang terbatas menghasilkan kualitas suara yang standar. Keterbatasan lainnya, yaitu kurangnya control manual serta kapasitas penyimpanan data yang maksimal hanya 8 GB.

Camcorder Hybrid
 
Camcorder hybrid semakin populer karena lebih fleksibel di mana dapat mengkombinasikan antara HDD dan memory card atau DVD dan memory card. Camcorder ini memungkinkan merekam di memory card dan kemudian mentransfer ke DVD sesuai adegan yang diinginkan. Camcorder ini cocok untuk yang senang mengedit hasil rekam secara sederhana.

Trend Video Camera
HD Camcorder
 
Jenis camcorder ini memiliki kualitas video yang lebih baik. Modelnya lebih besar dari pocket camcorder, tapi tetap nyaman di tangan. Kualitas video ditunjang dengan kualitas lensa dan sensor yang lebih besar, sehingga lebih maksimal dalam mengolah gambar, serta layar LCD lebih besar untuk kemudahan melihat objek. Fitur unggulan lain adalah adanya jack untuk microphone, hotshot untuk tambahan lampu video, serta control manual untuk fokus. Kebanyakan, HD camcorder menggunakan video AVCHD yang membutuhkan kerja ekstra berat pada PC karena mempertahankan kualitas video asli.

HD Camcorder Professional
 
Jenis ini diperuntukkan bagi kelas lanjutan dan profesional. Fitur yang dimiliki berkualitas tinggi, baik itu sensor maupun lensa yang digunakan. Kemampuan control manual yang sangat membantu dalam berbagai kondisi, serta kualitas video yang menyerupai film layar lebar. Model profesional juga memberikan kualitas audio yang lebih jernih dan bersih. Kelebihan lainnya adalah memiliki jendela bidik (viewfinder) yang memudahkan melihat objek karena lebih tajam dan jelas daripada melalui LCD. Di samping itu, jendela bidik mengurangi silau matahari dan lebih menghemat baterai.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih camcorder yang cocok dengan keperluan Anda. Apalagi saat ini dengan harga 900 ribu hingga jutaan, Anda sudah bisa membawa pulang camcorder sarat fitur terbaru. Jaringan purna jualnya pun sudah bagus untuk di Indonesia.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar