Rabu, 27 Juni 2012

Home » Penemuan Baru : Ban Tanpa Angin

Penemuan Baru : Ban Tanpa Angin



Sebuah penemuan baru didunia otomotif, dimana teknologi ini konsepnya sangat jauh berbeda dengan teknologi konvensional yang ada saat ini. Penemuan ini di umumkan oleh pabrik ban terkemuka dunia, Bridgestone akhir tahun 2011, dan rencananya akan segera diproduksi secara masal.


Jelas ini merupakan tantangan baru bagi para produsen ban berteknologi pneumatik yang saat ini digunakan di hampir semua kendaraan ada saat ini. Prinsip dasarnya adalah tekanan angin akan digantikan dengan kisi-kisi yang tersebar merata di seluruh "body" ban sebagai penopang beban.


Hal ini tentu saja akan lebih menghemat penggunaan karet / polymer yang menjadi bahan utama pada ban yang ada saat ini. Namun ini artinya akan menambah bobot ban karena akan ada penambahan material logam yang akan menggantikan fungsi angin sebagai penopang beban.


Teknologi ini sebetulnya bukan konsep baru, karena teknologi ini sudah lebih dulu dikenal dan diterapkan untuk kendaraan industri dan militer. Bedanya adalah, konsep dari Bridgestone ini biaya produksinya lebih murah dan mudah didaur ulang.


Meskipun bobotnya lebih berat dari ban konvensional, ban non-pneumatic ini tahan terhadap benda-benda yang biasa menusuk ban seperti paku dan benda runcing lainnya.














Bagaimana apa anda tertarik untuk mencoba sensasi berkendara dengan penemuan spektakuler ini? 


Kita tunggu saja hingga saatnya nanti. Have a nice riding !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar