Sabtu, 23 Juni 2012

Home » 5 Layanan Penyimpan File Favorit Android (full)

5 Layanan Penyimpan File Favorit Android (full)

68f66813006e1994950396cca180ef27
Keterbatasan ruang penyimpanan pada ponsel Android merupakan masalah yang umum dialami oleh pengguna ponsel Android. Untuk mengatasi hal ini selain dengan memindahkan data atau aplikasi ke memori eksternal, Anda juga dapat memanfaatkan ruang penyimpanan online atau yang lazim disebut cloud storage.

Dengan memanfaatkan layanan cloud storage, Anda dapat mengupload file dimanapun dan kapanpun serta melakukan backup dan restore data dari berbagai jenis ponsel dengan platform yang beragam. Dari berbagai layanan penyimpanan online yang tersedia untuk platform Android, PULSA merekomendasikan kepada Anda 5 aplikasi yang layak untuk Anda gunakan. Simak penjelasan tentang kelima aplikasi tersebut dalam ulasan berikut:
C9b7ce29d391a3b30d9c6d1a800f9074
1. Dropbox
C81d77d23c5157957f9d780be0fdfe9d
Dropbox adalah aplikasi yang menawarkan penyimpanan online secara gratis kepada pengguna hingga sebesar 2GB. Meskipun besaran ruang penyimpanan yang ditawarkan relatif kecil, Dropbox adalah aplikasi penyimpanan online yang sangat populer di Google Play.

Dengan Dropbox, Anda dapat menyimpan secara online dokumen, gambar dan video Anda ke server Dropbox melalui aplikasi yang dapat Anda download dari Google Play. Selain melalui aplikasi mobile, pengguna juga dapat mendownload aplikasi desktop yang bisa diinstal ke PC dengan sistem operasi Windows atau MAC.Setelah Anda menginstal Dropbox ke PC dan ponsel , selanjutnya Anda dapat dengan mudah mengupload file ke server dalam sekali langkah sehingga file Anda akan secara otomatis tersimpan di PC, ponsel dan web sekaligus.
Drop 01
Drop 02
Terdapat beberapa cara untuk mengupload file ke server, yang pertama bila Anda menggunakan PC,  setelah menginstal aplikasi desktop dari Dropbox  maka di my documents akan terdapat folder bernama Dropbox.Untuk mengupload, Anda cukup melakukan drag and drop file ke folder tersebut.Sedangkan untuk cara yang kedua, Anda dapat mengupload melalui situs web dropbox.com. Sementara dengan ponsel android milik Anda kini pengguna dapat memilih untuk mengupload foto dan video secara otomatis ke server dropbox.
Drop 03
Drop 04
Drop 05
Anda juga dapat membagikan file ke teman Anda dengan mengirimkan link atau mengajaknya sebagai collaborator. Collaborator membolehkan Anda dan teman Anda untuk saling berbagi file serta memiliki hak yang sama untuk mengedit file. Untuk menekan pengeluaran pulsa, silakan atur upload dengan menggunakan Wi-Fi saja. Sedangkan jika Anda telah berlangganan paket data, Anda dapat menggunakan jalur Wi-Fi serta paket data dari operator.

2. Box 
1d4d104b004f6427bc0c0ae45f68f5c1
Sama seperti Dropbox, Box memungkinkan pengguna mengupload file ke server dan mengaksesnya baik dari komputer, situs web ataupun ponsel Android. Diantara aplikasi penyimpanan online yang terdapat di Google Play, Box merupakan aplikasi yang menyediakan ruang penyimpanan yang paling besar yakni sekitar 50GB.
Box 01
Box 02
Box 03
Box 04
Penawaran menarik ini dikhususkan untuk Anda yang mendaftar atau masuk ke akun Box melalui aplikasi Android yang disediakan secara gratis di Google Play.Sama seperti dropbox, Box juga memungkinkan pengguna untuk saling berbagi file dengan teman serta mengirimkan undangan menjadi collaborator kepada teman. Dengan menginstal aplikasi desktop dan mobile yang ditawarkan, Anda kini dapat mengupload file cukup dengan sekali langkah sehingga filenya dapat langsung Anda akses dari ponsel dan komputer. Sayang sekali untuk aplikasi desktop, Anda diharuskan mengeluarkan biaya.
Box 05
Box 06
Box 07
Fitur lain yang dimiliki Box adalah kolom komentar yang memungkinkan teman Anda mengomentari file yang Anda bagikan. Anda juga dapat membuat shortcut folder dan file ke homescreen ponsel sehingga Anda dapat dengan praktis mengaksesnya termasuk melihat update file yang terdapat didalamnya.Sayang sekali Box tidak membekali  diri dengan fitur autoupload sehingga Anda harus melakukan langkah backup manual terhadap ponsel Anda.
Box 08
3. Sugar Sync

F9e8b63ff440591885805bf34b560838
Sugar Sync adalah layanan yang menawarkan penyimpanan online gratis dengan kapasitas sebesar 5GB. Sama seperti Dropbox, Sugar Sync memungkinkan Anda untuk melakukan backup secara otomatis semua foto dan video yang diambil dengan kamera ponsel Anda.
Su 01
Su 02
Su 03
Dengan Sugar Sync Manager, Anda juga dapat melakukan sinkronisasi melalui aplikasi desktop yang dapat berjalan di PC dan MAC. Berbeda dengan kedua aplikasi diatas, SugarSync memungkinkan pengguna memilih folder yang akan Anda sinkronisasikan. Ini tentu berbeda dengan aplikasi lain yang hanya melakukan sinkronisasi pada semua file atau folder yang diletakkan di dalam folder tertentu yang berada di MyDocument.
Su 04
Su 05
Sehingga jika Anda menginstal aplikasi desktop dilebih dari satu komputer maka ketika Anda login ke situs web sugarsync, Anda akan melihat daftar komputer beserta nama folder yang tersinkronisasi. Sedangkan untuk melakukan sinkronisasi untuk semua komputer dan perangkat, Anda cukup melakukan drag and drop file ke folder Magic Briefcase yang berada di My Documents.

Fitur lain seperti collaborator pada Sugar Sync sudah lebih maju karena Anda dapat memilih untuk mengizinkan teman Anda untuk sekadar dapat membaca isi folder yang dibagikan atau bahkan ikut mengedit  isi folder yang Anda bagikan.

4. Google Drive 
05adc3de3c6ec79b4cddb53e1aef267f
Google Drive adalah layanan penyimpanan besutan Google yang memberikan Anda penyimpanan online secara gratis dengan kapasitas sebesar 5GB.Layanan ini baru saja diluncurkan oleh Google secara bertahap kepada pemilik akun Gmail mulai bulan Mei 2012. Secara keseluruhan, fitur yang ditawarkan oleh Drive tidak jauh berbeda dengan Dropbox.
Goo 01
Goo 02
Goo 03
Anda dapat menginstal aplikasi desktop dan melakukan sinkronisasi file dengan melakukan drag and drop file ke folder Google Drive yang terdapat di My Documents.
Goo 05
Goo 06
Goo 07
Sama seperti aplikasi lain, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi mobile yang untuk sementara hanya tersedia untuk OS Android. Namun begitu, Google menjanjikan akan meluncurkan aplikasi yang dapat berjalan di iOS. Anda yang tidak memiliki ponsel Android dan komputer juga dapat melakukan log in dari browser melalui warnet misalnya.Salah satu kelebihan dari Google Drive ini adalah Anda dapat mengambil foto sebuah dokumen teks dan mengkonversinya ke Google Document. Sayang sekali hingga tulisan ini dibuat, Google belum menyediakan fitur kolaborasi yang membolehkan collaborator saling berbagi dan mengedit file yang berada dalam folder yang dibagikan.

5. Ubuntu One
A62b7a1c35fca4123ec05d4448a76ee0
Ubuntu One pada mulanya adalah sebuah layanan penyimpanan online yang terintegrasi dengan OS Ubuntu. Layanan ini kemudian diperluas penggunaannya untuk OS Windows, Android hingga iPhone. Ubuntu One memberikan Anda ruang penyimpanan berkapasitas hingga 5GB secara gratis. Layanan ini memberikan fitur yang paling lengkap diantara semua layanan yang disebutkan diatas.
Ub 01
Ub 02
Ub 03
Berbeda dengan semua aplikasi yang disebutkan diatas, Ubuntu One memungkinkan pengguna untuk melakukan sinkronisasi secara otomatis foto dan video dengan melakukan personalisasi folder mana saja yang boleh untuk diautoupload.
Ub 04
Ub 05
Ubuntu One juga mendukung pembatasan bandwidth yang terdiri dari pengaturan kecepatan download dan upload. Sama seperti Sugar Sync, Anda juga dapat melihat daftar perangkat yang terhubung dengan akun Ubuntu One. Akan tetapi tidak seperti Sugar Sync kemampuan ini tidak terbatas melalui akses browser namun juga melalui aplikasi desktop maupun mobile. (PULSA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar