Kamis, 28 Juni 2012

Home » Definisi : File ISO / ISO image

Definisi : File ISO / ISO image



Anda dapat menganggap file ISO seperti kotak yang menyimpan semua bagian untuk sesuatu yang perlu dibangun, seperti mainan anak, Anda bisa membeli mainan yang perlu dirakit. Semua bagian mainan ini tidak akan dapat digunakan, tetapi setelah semua bagian di dalamnya disatukan, barulah mainan tersebut dapat digunakan.



File ISO memang banyak manfaatnya. Untuk kepentingan backup data, keamanan data atau hal-hal yang kita butuhkan dalam bentuk file ISO. Kalau boleh dikatakan file ISO ini mirip dengan file .rar, .zip dll. Kalau file.rar, zip untuk membuka dan membacanya perlu diekstract, namun file dengan extensi .iso ini dilakukan dengan cara burning. Untuk membacanya tanpa burning dapat dilakukan dengan menggunakan virtual CD/DVD ROM. Banyak sekali software untuk membuat file ISO, termasuk software yang gratis atau free, sebut saja salah satunya adalah free iso creator. Bisa membuat file ISO dari folder maupun file. Bisa di download disini. Namun kalau untuk membuat file ISO dari CD atau DVD masih kesulitan. File ISO dari CD dan DVD ini sangat berguna sekali untuk membackup data cd/dvd dengan aman. Terutama CD / DVD Windows atau Operating system yang lain akan lebih aman kalau disimpan dalam bentuk ISO file. Suatu saat kita perlukan bisa diburn lagi ke cd/dvd.

Untuk membuat file ISO dari CD / DVD ini kita membutuhkan sebuah software. Salah satunya adalah Software Magic ISO Maker. Dengan software ini kita bisa membuat file iso dari cd/dvd dan sebaliknya yaitu membakar atau burning iso file. Selain itu software ini bisa digunakan mengkonversi atau convert file iso menjadi BIN dan Nero image atau sebaliknya. Ditambah lagi dengan fasilitas windows explorer sangat memudahkan pengguna dalam memanfaatkan software ini. Sayangnya software ini tidak gratis alias berbayar. Sahabat bisa download langsung ke websitenya di www.magiciso.com.


Homepage Download Magic Iso


Untuk menjalankannya (membuat file ISO dari CD/DVD) dapat dibuka melalui menu tools pada program Magic Iso. Pada menu tools tersebut terdapat perintah make ISO from CD/DVD, Burn CD/DVD with ISO, virtual cd/dvd rom, compress dan decompress CD/DVD image, make multi boot image dan lain-lain.



sumber 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar