Minggu, 24 Juni 2012

Home » Template Blog Yang Baik

Template Blog Yang Baik


Mungkin sobat masihbingung tentang bagaimana memang sebenarnya template blog yang baik itu? hmmm, saya juga sebenarnya bingung bagaimana menilainya, karena penilaian setiap orang berbeda-beda.

Misalkan ada 2 orang yang melihat sebuah blog yang sama, mungkin 1 orang akan bilang template blog itu bagus, dan mungkin saja ada yang bilang template blog itu jelek. Memang susah menyamakan pendapat setiap orang, tetapi ada beberapa kemungkinan yang dapat kita pertimbangkan untuk memilih/membuat template yang baik :

1. Mudahkan Navigasi Untuk User

Ini hal yang paling mutlak, dan mungkin hal ini banyak dilupakan oleh sobat-sobat sekalian. Mengapa ini saya bilang mutlak? bayangkan, jika sobat berkunjung ke sebuah blog, dan pada halaman indeks hanya terdapat 1buah posting, kemudian tidak ada navigasi untuk melihat artikel lainnya. Sudah pasti yang akan sobat lihat adalah artikel yang ada di indeks saja kan? tidak mungkin sobat melihat artikel lainnya dikarenakan sobat tidak tahu dihalaman manakah tempat artikel lainnya berada? so, buat navigasi semudah mungkin untuk user, sehingga user tersebut mungkin akan membaca artikel-artikel anda yang lain.

2. Sedikit Gunakan Gambar Dan Javascript

Ini juga akan berpengaruh ke pengunjung, jika kita lihat statistik pengguna internet di indonesia misalnya, masih banyak orang yang berlangganan pulsa internet dengan speed dan quota yang rendah. Jadi misalkan ada visitor yang masuk ke blog sobat, kemudian blog sobat sangat lama untuk tampil dikarenakan banyaknya javascript atau gambar diblog sobat, hmmm.. sudah dipastikan mungkin visitor tersebut akan langsung menutup halaman blog sobat kan? jadi, minimalkan script yang tidak penting, dan ganti gambar dengan css mungkin akan lebih baik :)

3. Warna Tidak Terlalu Mencolok Mata

Ini juga penting, untuk melihat monitor lama lama mungkin seseorang bisa pusing, apalagi monitor yang menampilkan warna-warna ngejreng.. waaah bisa tambah pusing. Solusinya, gunakan warna yang redup pada tampilan blog sobat, sehingga user akan nyaman memandangi tampilan blog sobat.

4. Gunakan Penggalan Artikel atau ReadMore Pada Blog

Jika saya jadi user, lebih baik kita langsung membaca suatu post dari halamannya daripada harus membaca dari halaman index, bagaimana menurut sobat?

5. Gunakan Font Yang Pas Untuk Blog

font juga dapat mempengaruhi pembaca loh, coba aja sobat lihat.. bagaimana jika 1 posting berfont bold dengan ukuran 18px? mungkin akan terlihat lebih aneh, jika dibandingkan dengan font biasa dengan ukuran 11-12px. Untuk tipe font juga bisa berpengaruh, gunakan font font yang standart, misalkan arial, times new rowman dll, yang penting antara 1 dan lain karakter bisa terlihat perbedaannya dengan jelas.

mungkin hanya segini dahulu tipsnya, jika ada yang ingin menambahkan tips sobat, silahkan dipost di komentar.. semoga berguna :D


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar