Selasa, 12 Juni 2012

Home » Pengertian Kredit Semester

Pengertian Kredit Semester


Program Persemester untuk masing-masing mata kuliah dan kegiatan lainnya ada yang berbobot kecil ada pula yang berbobot besar. Satuan untuk menyatakan besarnya program semester ialah Satuan Kredit Semester (SKS), yang meliputi kegiatan; tatap muka berjadwal, kegiatan akademik terstruktur dan kegiatan akademik mandiri.

Harga SKS untuk satu semester ditentukan oleh berapa lama ketiga kegiatan tersebut diatas dilaksanakan setiap minggu selam satu semester.
Satu Programa semester yang berharga 1 (satu) SKS. Untuk satu program yang penyelenggaraannya dalam setiap minggu selama satu semester sebagai berikut :
    1. 50 Menit kegiatan tatap muka berjadwal antara mahasiswa dan tenaga pengajar, misalnya dalam bentuk kuliah dan diskusi
    2. 60 menit kegiatan akademik terstruktur, yaitu kegiatan studi oleh mahasiswa yang tak terjadwal tetapi direncanakan oleh tenaga pengajar, misalnya dalam bentuk mengerjakan pekerjaan rumah atau menyelesiakan soal-soal
    3. 60 Menit kegiatan akademik mandiri, yaitu kegiatan belajar harus dilakukan mahasiswa secara mandiri (tidak direncanakan oleh tenaga pengajar) seperti mendalami bahan perkuliahan, mempersiapkan catatan kuliah, diskusi atau tjuan-tujuan akademik lainnya
Satuan keridit semester suatu program menyatakan beberapa kali ketiga jenis kegiatan tersebut diatas diselenggarakan setiap minggu selam satu semester. Jika mata kuliah A umpanya berharga 2 SKS, maka beban belajar mahasiswa untuk mata kuliah ini terdiri atas kegiatan mingguan sebagai berikut: 2 kali 50 menit kegiatan tatap muka, 2 kali 60 menit kegatan akademik terstruktur dan 2 kali 60 menit kegiatan mandiri.

Pengertian stau sks pada penyelenggaraan seminar dan kapita selekta yang wajib disajikan pada forum sam dengan penyelenggaran perkuliahan yang dihitung bobot SKS-nya dengan perhitiungan waktu tersebut di atas.
Harga kredit semester untuk pratikum dilaboratorium dapat mengandung tiga jenis kegiatan:
    1. Kegiatan pratikum di laboratorium dan lapangan yang terjadwal,baik perorangan atau kelompok
    2. Kegiatan akademik tersatruktur dan
    3. Kegiatan akademik mandiri
Jika penyelenggaraan pendidikan program ini memang meliputi ketiga jenis kegiatan tersebut, maka program yang berharga 1 (stau) SKS perlu diselenggarakan setiap minggu selama 1 semester sebagai berikut :
    1. 50 menit kegiatan pratikum terjadawl dilaboratorium
    2. 60 menit kegiatan akdemik terstruktur
    3. 60 menit kegiatan kademik mandi
Jika kegiatan terstruktur dan kegiatan akdemik mandiri tidak perlu atau tidak dapat dijalankan pada rogram kegiatan pratikum, maka sebagia pedoman dipakai dalam waktu 3-4 jam kegiatan pratikum terjadwal di laboratorium setiap minggu selam 1 semeter untuk penyelenggaraan program semester praktikum yang bernilai 1 (stua) SKS.

Harga kredit semester yang berintikan kerja lapangan atau kegiatan lain sejenis yang ”kurang terikat” pada waktu dan tempat, maka untuk program yang berharga 1 (stau) SKS penyelenggaraannya dapat dipadatkan misalnya dalam satu bulan penuh sekitar 3 jam sehari

Harga keridit semester untuk penelitian dan penulisan skripsi pada dasarnya sama dengan ketentuan kerja lapangan. Ini berarti kegiatan penelitian atau penulisan skripsi yang dilakukan 75 jam dalam satu semester berharga 1 (satu) SKS. Oleh karena kegiatan penelitian ini atau penulisan skripsi itu, lebih banyak kegiatan mandiri dan penghitungan waktunya sukar dilakukan, maka dilakukan perhitungan rata-rata 6 SKS untuk skripsi program Sarjana (S1).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar