Jumat, 08 Maret 2013

Home » , » Adu Gadget Cerdas di Mobile World Congress

Adu Gadget Cerdas di Mobile World Congress


'Mobile World Congress' di Barcelona. REUTERS/Albert Gea

TEMPO.CO, Jakarta - Mobile World Congress 2013 di Barcelona, Spanyol, menjadi ajang unjuk gigi para vendor telepon seluler dan tablet dari berbagai penjuru dunia. Banyak kejutan yang disajikan dalam pameran bertema Connecting the Next Billion Consumers itu.

Huawei, contohnya, memperkenalkan Ascend P2, ponsel yang digadang-gadang memiliki konektivitas tercepat saat ini. Menurut Chief Executive Officer Huawei, Richard Yu, kecepatan koneksi ponsel ini bahkan mampu mengalahkan ponsel paling populer, Samsung Galaxy S III dan iPhone 5.

“Ini merupakan ponsel cerdas pertama di dunia yang bisa mencapai kecepatan mengunduh hingga 150 megabita per detik dan menggunggah 520 kilobita per detik,” kata Richard. Sebagai pembanding, iPhone 5 berkecepatan sekitar 24 megabita untuk penguduhan, sedangkan Galaxy S III 15 megabita.

Pengumuman produk baru sehari sebelum acara dimulai juga dilakukan oleh Samsung Electronics. Perusahaan pembuat ponsel terbesar dunia asal Korea Selatan ini meluncurkan tablet yang juga berfungsi seperti ponsel, yaitu Galaxy Note 8.0.

Dengan ukuran layar mencapai 8 inci, Galaxy Note 8.0 tercatat sebagai ponsel terbesar. Ini adalah produk lanjutan dari Galaxy Note I dan II, yang lebih dikenal sebagai phablet dengan layar 5,5 inci. Layar berukuran jembar juga diusung ponsel ZTE Grand Memo, yang memiliki layar seluas 5,7 inci. ZTE mencoba peruntungan pada kategori ponsel yang memiliki layar lebar seperti tablet.

Kejutan lainnya datang dari Hewlett-Packard, pabrikan komputer asal Amerika Serikat. Tak diduga, HP meluncurkan tablet untuk kelas bawah. Dengan luas layar 7 inci, ponsel ini memakai sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean. Tablet ini dijual seharga US$ 170 atau sekitar Rp 1,6 juta.

HP selama ini dikenal sebagai mitra setia Microsoft dalam pembuatan laptop dan tablet berbasis sistem operasi Windows. Tablet HP ElitePad, yang baru diluncurkan di Indonesia pada pekan lalu, misalnya, merupakan tablet untuk kalangan profesional berbasis sistem operasi Windows 8. Tablet itu dibanderol sekitar US$ 650 atau setara dengan Rp 6,3 juta.

Sedangkan Nokia menampilkan seri terbaru Lumia 520 dan 720, yang menggunakan sistem operasi Windows Phone 8 dan diperuntukkan bagi kelas pemula. ASUS, pabrikan asal Taiwan, memperkenalkan gadget hibrida bernama Padfone Infinity. Gadget ini merupakan gabungan antara tablet berlayar 10 inci dan ponsel cerdas dengan layar 5 inci. Untuk mengaktifkan fungsi tablet, ponsel dimasukkan ke bagian belakang tablet.

Mobile World Congress merupakan perhelatan terbesar kedua setelah Consumer Electronics Show di Las Vegas, Amerika Serikat. Menurut Abbi Angkasa Perdana, pengamat perkembangan gadget, ada dua pameran besar lainnya yang akan menyusul pada tahun ini, yaitu di Hong Kong dan Dubai, Uni Emirat Arab.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar