Kamis, 01 November 2012

Home » » Lautan Bunga Bisa Tumbuh di Daratan Gersang Afrika

Lautan Bunga Bisa Tumbuh di Daratan Gersang Afrika

 

Cantiknya lautan bunga di Namaqualand



Cape Town – Benua Afrika rupanya tidak identik dengan tanah kering kerontang. Di Afrika Selatan, daerah gersang bisa berubah menjadi lautan bunga yang menawan. Penasaran?

Namaqualand membentang sepanjang 970 km di pesisir barat Cape Town, dan memiliki luas area sekitar 440.000 km2. Selama musim panas, dataran tersebut terlihat sangat kering dangersang. Namun saat musim semi datang, padang yang tandus ini terlihat sangat cantik dan menawan dengan warna-warni beragam bunga.

Sulit memang untuk wisatawan membayangkan, bagaimana mungkin di tanah gersang seperti Namaqualand bisa ada gurun bunga yang cantik. Mengutip situs resmi Namaqualand, Jumat (12/10/2012), setelah hujan musim dingin, warna-warni bunga menghiasi dataran yang tandus ini. Bunga-bunga yang tumbuh liar ini pun menjadi panorama lain yang mengagumkan di Namaqualand.

Ingin melihat cantiknya lautan bunga di daratan Afrika Selatan yang gersang ini? Sebaiknya, wisatawan datang ke destinasi ini pada bulan Juli hingga Oktober setiap tahunnya.
Sekitar 4.000 jenis bunga bermekaran di wilayah tersebut. Keindahan alam yang unik ini pun tersohor hingga ke luar Afrika Selatan. Musim dimana bunga-bunga liar ini bermekaran dikenal dengan sebutan musim bunga aster Namaqualand.

Menempuh perjalanan kurang lebih 5 jam dari Cape Town. Traveler sudah bisa melihat hamparan bunga liar yang cantik mulai dari West Coast National Park di Langebaan. Akan tetapi, panorama sesungguhnya bisa wisatawan lihat saat memasuki Kota Garies, Springbok, Kamieskroon, dan Port Nolloth. Tidak hanya itu, Richtersveld National Park, Goegap Nature Reserve, Skilpad Wild Flower Reserve juga menjadi bagian yang sangat menarik dan ‘wajib’ dilihat.

Ya, traveler bisa melihat lautan bunga di seluruh area Namaqualand, pesisir barat Cape Town, Olifants River Valley, dan kota-kota seperti Citrusdal, Clanwilliam, Lamberts Bay, Nieuwoudtville serta Vredendal. Masukan beberapa nama destinasi ini dan Anda bisa melihat bunga-bunga yang sangat cantik. Dijamin, perjalanan Anda di Afrika Selatan tidak akan mengecewakan.
Bunga aster oranye putih serta ratusan bunga lainnya, tumbuh dan bermekaran di lahan yang sebelumnya sangat tandus dan gersang ini. Namun, keragaman jenis serta cerahnya warna bunga-bunga ini tergantung pada debit hujan yang turun selama musim penghujan.
Berhenti dan mampir di pusat informasi pariwisata sangat diajurkan dalam perjalanan Anda di Namaqualand. Hal ini bertujuan agar Anda dan traveler lainnya benar-benar bisa melihat panorama tercantik dari lautan bunga ini.

Ketika sampai di Namaqualand, banyak cara yang bisa traveler lakukan untuk menikmati keindahan gurun bunga ini. Tidak melulu harus menggunakan mobil, pelancong juga bisa melakukan hiking atau bersepeda melewati rute yang sudah disediakan.

Serunya lagi wisatawan juga bisa bermalam di area ini. Wisatawan bisa memilih Goegap Nature Reserve yang menyediakan lokasi piknik dan fasilitas untuk bermalam. Jangan berpikir, hanya bisa melihat padang savana atau dataran yang tandus saja. Afrika juga punya padang bunga yang mempesona!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar