Rabu, 14 November 2012

Home » » Oxygen Villa: Arsitektur Bergaya Arab yang Nyaman

Oxygen Villa: Arsitektur Bergaya Arab yang Nyaman


RumahCom – Pencahayaan dan penghawaan ruangan di dalam rumah memang sangat penting untuk kesehatan dan kenyamanan penghuni. Hal inilah yang diperhatikan oleh sang arsitek yang mendesain Oxygen Villa.

Ide pembuatan Oxygen Villa alias Vila Oksigen diadaptasi dari arsitektur rumah tradisional Arab: rumah mashrabiya. Rumah tradisional klasik yang dikenal sejak berabad silam tersebut dapat mereduksi sinar matahari, tetapi memiliki ventilasi udara yang baik.

Dinding rumah mashrabiya ditutup frame lubang angin kayu dengan bentuk hiasan simetris yang berfungsi mengurangi intensitas cahaya matahari, tetapi tetap mengizinkan angin masuk ke dalam ruangan. Selain itu, frame-frame ini juga menjaga privasi penghuni rumah.



Oxygen Villa menggunakan layar-layar yang dapat dilipat secara horisontal. Seperti fungsi frame di rumah mashrabiya, layar-layar ini juga memiliki tiga fungsi: menghalangi cahaya matahari, menjaga privasi, tetapi tetap mengizinkan udara luar masuk ke dalam ruangan.

Saat layar dilipat sedikit, udara akan masuk dari celah bagian bawah layar dan keluar lewat celah bagian atas layar—sementara privasi ruangan tetap terjaga. Ketika layar dibuka lebih lebar, sinar matahari tak langsung dan udara luar akan masuk.

Selain itu, rumah bergaya kontemporer ini juga dilengkapi panel-panel yang diletakkan di antara kolom-kolom baja. Sistem dinding berpanel yang dapat bergerak secara otomatis, mengizinkan penghuni mengatur suhu dan pencahayaan di dalam rumah. Ada beberapa pilihan panel yang bisa disesuaikan dengan keinginan penghuni: panel solid, frame berlubang angin, atau kaca.



Hunian tiga lantai yang lapang ini cukup menarik, dimana ruang keluarga memiliki langit-langit tinggi. Sebuah ruang kaca di tengah rumah dilengkapi dengan lapisan butiran kaca khusus yang mampu menyerap panas di siang hari dan menyebarkan panas di malam hari.

sumber : rumah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar