Sabtu, 10 November 2012

Home » » Review: Zyrex One Scribe ZA987, Ponsel Tablet ICS

Review: Zyrex One Scribe ZA987, Ponsel Tablet ICS



Maraknya peredaran smartphone Android yang memiliki layar jumbo dengan spesifikasi menggiurkan nampaknya mulai mendapatkan perhatian dari vendor lokal. Smartphone yang lazim disebut Phablet yang merupakan gabungan dari istilah Phone dan Tablet tersebut umumnya masih didominasi oleh vendor global dengan harga yang selangit. Kini satu persatu vendor lokal nampaknya mulai mengambil bagian, salah satunya adalah Zyrex yang meluncurkan OneScribe. Lantas seperti apakah kinerja sesungguhnya dari phablet yang dibanderol dengan harga sekitar dua juta ini?

Desain

Dimensi: (WxDxH) : 145 x 78 x 11 mm; Bobot: 193 g
Hadir dengan desain jumbo khas phablet, OneScribe menggunakan bodi berbahan plastik yang tampak kokoh berkat pemilihan warna hitam yang diusungnya. Lapisan plastik tekstur pada bagian belakang membuatnya sangat nyaman kala digenggam.

Pada sisi atas OneScribe hanya terdapat port audio 3,5mm. Untuk menyalakan OneScribe, Zyrex menyematkan tombol power yang bersaanding dengan tombol pengatur volume disisi kanan bodi . Sementara untuk lubang charger, Anda dapat menemukannya pada bagian bawah.







Dibawah layar luasnya tersemat satu tombol fisik home yang diapit oleh dua tombol sensitif sentuh menu dan back. Beralih ke bagian belakang, Anda akan menemui lubang speaker dan kamera yang telah dibekali dengan lampu flash.







Hardware

MT6576 VFPv3, Neon ARMv7 1GHz Processor, GPU: PowerVR SGX 531; RAM 512MB, 2GB Storage, Up to 32 GB MicroSD Card
Agar harga yang dibanderol tetap dalam jangkauan konsumen kelas menengah ke bawah, Zyrex OneScribe menggunakan prosesor MTK berkecepatan 1GHz.









Untuk menjamin aplikasi berjalan dengan lancar, Zyrex menyematkan pula RAM sebesar 512MB. Agar dapat menyuguhkan kinerja grafis yang memuaskan, OneScribe diperkuat pula dengan GPU Power SCX 531. Sektor ruang penyimpanan, OenScribe telah dianugerahi memori internal sebesar 2GB yang dapat diekspansi dengan kartu micro SD berkapasitas maksimal 32GB.

Interface dan OS

Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich, 5.0" LCD WVGA 480 x 800 piksel, Multitouch 5 Point.
Mengusung layar sentuh LCD sebesar 5 inchi, OneScribe sanggup menyuguhkan gambar dengan resolusi WVGA 480 x 800 piksel yang mendukung sentuhan hingga 5 jari sekaligus.



Sementara untuk sistem operasinya telah menggunakan Android Ice Cream Sandwich yang menyuguhi Anda dengan 5 buah halaman homescreen yang dapat Anda isi dengan aneka shortcut, widget dan folder sesuai kebutuhan. Notifikasi pada Andro dilengkapi pula dengan jalan pintas ke pengaturan Wi-Fi, koneksi data, GPS, bluetooth, APN dan sebagainya yang disajikan dalam 3 sheet yang dapat digeser ke kiri dan kanan.







Masuk ke halaman menu, Anda akan disuguhi dengan beragam ikon berformat grid horisontal yang terbagi dalam kategori apps dan widget. Secara keseluruhan, antarmuka yang digunakan masih menganut standar Ice Cream Sandwich.


















Kamera dan Video

Kamera Utama: 8MP (3264 x 2448 piksel), 4:3, Sekunder: VGA,Video: VGA@30fps
Di sektor fotografi, OneScribe sudah dilengkapi pula dengan kamera beresolusi 8 megapiksel lengkap dengan lampu flash. Sederet setting tambahan seperti scene mode, picture size, Exposure, sharpness, hue, saturation, brightness, contrast, ISO, AE Meter, anti-flicker, color effect, white balance, dan HDR telah disematkan pula dalam OneScribe.
















Hasil pengabadian gambar didalam ruangan memperlihatkan noise dalam jumlah sedang . Sementara untuk hasil gambar diluar ruangan terlihat lebih tajam dengan noise yang lebih sedikit.





Untuk merekam obyek bergerak, OneScribe sanggup merekam video dengan resolusi maksimal VGA. Hasil rekaman video disimpan dalam format 3GP dengan ratio 4:3.



Multimedia

Audioplayer : AAC, APE, FLAC, M4A, MP3, OGG, WAV, WMA; video player : 3GP, AVI, DiVx,M4V,MKV, MP4, Radio FM, audio recorder.
Di sektor hiburan, OneScribe sudah dibekali dengan music player yang menggolongkan lagu yang disimpan berdasarkan lagu, album, dan artist. Suara yang dihasilkan oleh speaker OneScribe terdengar merdu apalagi OneScribe telah dibekali dengan pengaturan equalizer. Sementara untuk pemutar videonya, OneScribe sanggup memutar beragam video beresolusi maksimal 720p tanpa patah-patah.


















Internet dan Konektivitas

HSDPA 900/2100 Mhz, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth A2DP, MicroUSB
Menjelajah web dengan OneScribe semakin leluasa berkat jalur koneksi operator dan Wi-Fi yang telah dimilikinya. Dengan menggunakan browser bawaan standar ICS, Anda dapat membuka 16 halaman sekaligus. Beragam fitur seperti save for offline reading dan open in background juga dapat digunakan pada OneScribe.









Sedangkan untuk keperluan transfer data, Anda dapat memanfaatkan bluetooth atau kabel data. Begitu Anda menghubungkan kabel data ke PC, Anda akan diminta untuk memilih jenis koneksi yang Anda inginkan apakah sebagai USB Storage, MTP atau PTP. Sayang sekali OneScribe belum memiliki port HDMI serta streaming video via DLNA.



Benchmark



Antutu Benchmark: 3748 Quadrant Standard Edition: 2385 Nenamark1: 42.6 fps Nenamark2: 22.5 fps
Hasil uji benchmark dengan Antutu memperoleh poin 3748 yang menempatkan OneScribe berada diatas Google Nexus S. Sementara tes benchmark menggunakan Quadrant Standard berhasil mengumpulkan skor sebesar 2385yang membuatnya tepat dibawah LG Optimus 2X.
Beralih ke tes kinerja grafis, PULSA mendapatkan angka 42.6fps dari Nenamark1. Sementara pada Nenamark2, One Scribe mampu menorehkan angka 22.5fps yang menempatkannya diatas Galaxy Tab serta berada tepat dibawah LG Optimus 2X.











Kelebihan
• Dual SIM
• Layar 5 Inchi
• Sudah ICS
• Benchmark Lumayan

Kekurangan
• Harga Relatif Mahal
• Fitur Standar Tanpa Kustomisasi
• Video masih VGA

Kesimpulan

Bermain di pasar phablet murah yang masih jarang dijamah vendor lokal, Zyrex mencoba menarik minat calon konsumen supaya memakai produknya. Dengan bekal layar jumbo 5 inci, Zyrex cukup berani dengan menawarkan kamera berkekuatan 8 megapiksel lengkap dengan bekal lampu flash. Kesimpulannya, jika Anda menginginkan ponsel Android yang cocok untuk menonton video, serta dapat diandalkan untuk mengabadikan momen istimewa maka Zyrex OneScribe lah jawabannya(Galing Kusumojati)

Spesifikasi:
Jaringan: GSM dan WCDMA Dual On Standby GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 Mhz, WCDMA 900/2100 Mhz; Dimensi: 144 x 78 x 12 mm; Layar: 5" WVGA LCD, 800 x 480 pixels, Capacitive multitouch 5 points; Memori: 2GB ROM, 512 RAM; Prosesor: MT6576 VFPv3, Neon ARMv7 1GHz Processor, GPU: PowerVR SGX 531; Dual kamera: 8MP, VGA. Video; OS: Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich; Fitur Lain: Bluetooth 2.1 EDR, WIFI 802.11 b/g, GPS, G-Sensor, Proximity sensor, MicroUSB, 3.5 mm jack audio, Multimedia Player, Google Play, Gmail; Battery 2500 mAh; 

Harga Rp. 2.499.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar