Rabu, 01 Oktober 2014

Home » » Tayangan TV yang Berbahaya Ditonton Anak

Tayangan TV yang Berbahaya Ditonton Anak




Dunia Informasi – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) merilis tiga program anak dan kartun yang masuk dalam kategori berbahaya dan tidak layak ditonton oleh anak-anak.

Dalam situs resmi KPI yang dikutip Dream.co.id, Selasa 30 September 2014, tiga program anak dan kartun yang masuk dalam kategori berbahaya untuk ditonton adalah: Bima Sakti yang tayang di stasiun televisi ANTV, Little Krisna di ANTV, Tom & Jerry yang tayang di tiga stasiun televisi yakni ANTV, RCTI dan Global TV.

Ketiga program itu masuk dalam daftar lampu merah KPI, karena memuat beberapa faktor yang justru akan berdampak negatif bagi perkembangan fisik dan mental anak.

Seperti kekerasan fisik (mencekik, menonjok, menjambak, menendang, menusuk dan memukul), kekerasan terhadap hewan, penggunaan senjata tajam dan benda keras untuk menyakiti dan melukai seperti pisau, balok, kemudian kaka-kata kasar.

Sedangkan dua tayangan anak dan kartun yang masuk dalam kategori hati-hati adalah Crayon Sinchan (RCTI) dan Spongebob Squarepants (Global TV).

Namun, tak semua tayangan kartun bersifat tidak mendidik dan tidak layak ditonton oleh anak-anak. KPI juga merilis tayangan anak dan kartun dinilai kaya akan edukasi dan sangat menginspirasi.

Ketujuh program itu adalah Dora The Exprorer (Global TV), Adit Sopo Jarwo (MNC TV), Laptop Si Unyil (Trans 7), Thomas and Friends (Global TV), Unyil Keliling Dunia (Trans 7).

Terkait beberapa tayangan dan program yang dinilai tidak mendidik, KPI akan segera menjatuhkan sanksi kepada stasiun yang menyiarkan program yang telah disebutkan.

KPI tetap mengimbau kepada seluruh orangtua agar selalu memberikan bimbingan kepada anak-anak pada program yang mereka tonton.

# via dream

Tidak ada komentar:

Posting Komentar