Sabtu, 11 Oktober 2014

Home » , » Datsun GO+ Panca dan GO Panca, Bagai Pinang Dibelah 2 Tapi Beda Rasa

Datsun GO+ Panca dan GO Panca, Bagai Pinang Dibelah 2 Tapi Beda Rasa



Dunia Informasi – Datsun Indonesia memberikan kesempatan kepada sejumlah awak media otomotif nasional, termasuk detikOto untuk menguji kendaraan keduanya di segmen Low Cost and Green Car (LCGC).

Adalah Datsun GO Panca. Mobil hatchback yang dari segi tampilan sangat bisa bersaing dengan mobil sejenis di segmennya. Bahkan, Datsun berani tampil dengan desain yang lebih sporty dan menanamkan mesin berkapasitas 1.2-liter pada GO Panca.

Untuk menguji mobilnya ini, Datsun mengajak awak media ke Semarang, Jawa Tengah. Selama 3 hari, awak media diberikan kesempatan untuk mengeksplor kota Semarang menggunakan Datsun GO Panca.

Nah, sebelumnya di lain kesempatan, detikOto juga pernah menguji Datsun GO+ Panca di kota Cirebon. Datsun GO+ Panca maupun GO Panca sama-sama menggendong mesin yang sama, hanya berbeda pada dimensinya saja.

Dengan begitu, apa perbedaan cara berkendara antara Datsun GO+ Panca dengan GO Panca? Yuk simak pengujian detikOto di bawah ini!




1. Sisi eksterior

Datsun GO+ Panca dengan GO Panca merupakan 2 mobil Datsun yang dijual di Indonesia di segmen LCGC. Keduanya sekilas jika dilihat dari tampak depan bagaikan pinang dibelah dua. Bentuk gril depan, lampu depan hingga bemper dibuat serupa.

Tapi tidak begitu mirip untuk bagian belakang. Desain, menurut pandangan detikOto, desain belakang Datsun GO Panca jauh lebih sporty ketimbang GO+ Panca.

Hal itu bisa dilihat dari bentuk bemper belakang yang sudah dilengkapi oleh diffuser dan spoiler. Desain bemper belakang serta spoilernya dibuat cukup sporty sehingga jika dlihat dari belakang, mobil ini aura sportynya sangat kental.

Menariknya lagi adalah, GO Panca memiliki pilihan warna yang lebih bervariasi. Apalagi, jika GO Panca ini sudah dilengkapi dengan aksesoris resmi yang sudah tersedia di masing-masing diler resminya, tampilannya akan makin sporty.



2. Sisi interior

Masuk kedalam interiornya juga tidak ada yang beda Bentuk stir kemudi, meter cluster, dashboard hingga sistem audionya juga dibuat sama antara GO+ Panca dengan GO Panca.

Penempatan tuas perseneling, bentuk dan posisi rem tangan, dan juga box tempat menyimpan botol minuman juga dibuat serupa. Tapi yang paling jelas berbeda adalah kapasitas penumpang

Untuk Datsun GO+ Panca ditawarkan lebih banyak lagi karena Datsun memberikan ruang lebih luas atau baris ke-3 sehingga bisa memuat 7 orang penumpang. Untuk GO Panca itu sendiri hanya bisa menampung 5 orang penumpang, ya wajar saja karena GO Panca merupakan mobil hatchback. Penggunaan material juga dipastikan sama antara GO+ Panca dengan GO Panca.

Untuk keluasan kabin menurut detikOto yang sudah pernah masuk dan merasakan kabin Datsun GO+ Panca dan GO Panca, untuk penumpang depan dan pengemudi tidak ada bedanya. Kedua mobil ini sama-sama menawarkan keluasan ruang kaki yang cukup.

Begitu juga untuk baris kedua, legroomnya cukup untuk pengendara atau penumpang yang memiliki postur dengan tinggi badan 178 cm.

Karena sama seperti Datsun GO+ Panca, GO Panca pada bagian pengemudi untuk tinggi 178 cm kurang begitu nyaman untuk kaki sebelah kiri karena adanya tempat rem tangan.

Koreksi untuk Datsun kedepannya mungkin tidak menempatkan posisi rem tangan di dekat kaki kiri pengemudi.



3. Performa

Sekarang kita bahas mengenai performa dari kedua mobil Datsun ini. Untuk GO+ Panca setelah beberapa waktu lalu detikOto mencobanya di Cirebon, mobil keluarga ini cukup mumpuni untuk dkendarai, begitu juga dengan tenaganya yang lumayan agresif.

Nah, tapi bagaimana dengan versi hatchback-nya? Selama 3 hari detikOto bersama dengan para awak media otomotif lainnya berkesempatan menguji GO Panca.

Datsun GO+ Panca dengan GO Panca sama-sama dibekali mesin HR12DE berkapasitas 1.198 cc yang dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan.

Tapi ada yang berbeda jika ditanya soal performa, GO Panca sedikit lebih agresif dibanding GO+ Panca. Itu terjadi karena GO+ Panca dengan GO Panca memiliki dimensi yang berbeda, pastinya lebih panjang GO+ Panca ketimbang GO Panca.

Datsun GO+ Panca memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.635 mm, tinggi 1.490 mm dan jarak sumbu roda 2450 mm, sedangkan GO Panca memiliki dimensi panjang 3.785 mm, lebar 1.635 mm dan tinggi 1.485 mm dan jarak sumbu roda (wheelbase) 2.450 mm.

"Perbedaanya hanya soal dimensi panjangnya sama. Untuk mesin dan settingan mesin semua sama," tegas Wakil Presiden PT Nissan Motor Indonesia Teddy Irawan di Semarang.

Kondisi jalan biasa dan jalan macet, GO Panca tetap nyaman untuk dikendarai serta bisa memberikan kesan yang fun to drive. Untuk menguji performanya, detikOto menggebernya di tol Semarang dan keluar di exit tol Bawen.

Di jalanan lurus detikOto bisa memacunya hingga 120 km/jam. Kondisi di dalam mobil diisi oleh 3 orang penumpang dengan tinggi badan, berat badan yang berbeda-beda.

Di jalan tol yang sedikit berkelok-kelok, Datsun GO Panca lebih limbung ketimbang GO+ Panca saat detikOto mencobanya di tol Cirebon beberapa waktu lalu.

Begitu juga untuk blind spotnya cukup besar, tapi untuk visibilitas berkendara baik GO+ Panca dan GO Panca masih terbulang oke.



4. Kesimpulan

Poin Plus

- Datsun GO Panca memiliki desain yang sporty
- Akselerasi yang responsif
- Harga jual yang cukup kompetitif

Poin Minus

- Penempatan rem tangan yang cukup mengganggu kaki kiri pengemudi
- Bentuk dan desain spion yang kurang ciamik
- Ban yang terlalu kecil, mobil ini pasnya menggunakan ban dengan ukuran minimal 15 inci

* via detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar