Rabu, 29 Oktober 2014

Home » , , » Semangka Berbentuk Kotak, Hati dan Segitiga (2)

Semangka Berbentuk Kotak, Hati dan Segitiga (2)



Dunia Informasi – Berawal dari menyiasati ruangan yang sempit, lagi-lagi orang Jepang bikin inovasi menarik. Masyarakat pertanian Jepang selama ini tengah berusaha untuk meningkatkan budidaya buah Semangka dengan perbaikan mutu buah yang lebih efisien. Berhubung rumah orang jepang itu mempunyai arsitektur sempit, menurut mereka tidak cukup mutu buah yang bagus, tetapi juga harus mudah disimpan. Akhirnya tercetuslah ide untuk membuat Semangka berbentuk kotak.

Eits, tapi jangan langsung komeng “Jepang lagi, Jepang lagi”, sebab ternyata Taman Buah Mekarsari mengklaim sebagai pembuat buah Melon kotak pertama, meskipun kalah booming dengan buah Semangka kotak bikinan Jepang.



Semangka kotak ini biasa dijadikan hadiah untuk orang-orang penting di Jepang, dengan kualitas bagus harganya bisa mencapai 10.000 yen (Rp.800.000)!



Belakangan selain semangka kotak, muncul juga semangka-semangka berbentuk lain. Yang sudah pernah diperlihatkan diantaranya semangka segitiga, semangka bulat raksasa, semangka bentuk hati, dan yang bikin heran lagi, konon ada semangka bentuk muka orang!



Hingga sekarang ini harga-harga semangka terbaru ini juga lebih mahal daripada semangka kotak. kalo yang pernah dipublis di Shibuya Jepang mungkin harga semangka segitiga sekitar 30.000 yen (2,4 juta rupiah), tapi ternyata harganya cukup bervariasi tergantung besarannya juga. kalau sempat kita bisa bandingkan perbedaan harganya di pasar internet, semangka segitiga biasanya seharga sekitar 30.000-100.000 yen (100.000 yen = 8 juta rupiah).

Kalo kita bisa bikin dan dijual di Indonesia kira-kira kita jual berapa ya, Gan?

Rekayasa bikin buah kotak ini ternyata tidak terlalu sulit, rekayasa ini hanya merupakan rekayasa bentuk, jadi tidak mempengaruhi cita rasa buah yang kita bikin kotak.

Pengen tahu caranya? Berikut langkah-langkah pembuatan semangka kotak:

1. Tanam buah semangka di bak semai hidrophonik.

Untuk hidrophoniknya:

Media hidroponik yang baik memiliki PH netral antara 5,5-6,5, media yang baik juga harus dapat mempertahankan kelembaban. Medianya bisa menggunakan pasir halus atau arang sekam.
Media pasir tergolong murah, tapi kurang bisa menahan air. Yang lebih baik adalah menggunakan campuran sekam, serbuk gergaji dan serbuk kelapa.
Untuk tanaman yang sudah dewasa dapat menggunakan pasir kasar, campuran sekam dan lain-lain.
Arang sekam menjadi pilihan karena dapat terhindar dari penyakit yang hidup di dalam pasir.
Untuk bak hidroponiknya kita bisa menggunakan bak kayu. Setelah semuanya siap, kita tinggal menanam bibitnya dalam bak hidroponik.

2. Setelah benih buah di tanam, pada hari ke-15 setelah penanaman Semangka atau ketika muncul bakal buah, kita akan memberikan perlakuan khusus pada buah yang muncul, kita beri kotak transparan yang terbuat dari bahan akrilik dengan ukuran yang sesuai pertumbuhan buah.

3. Semakin besar buah yang tumbuh, kotak yang kita gunakan juga harus disesuaikan. Kotak perlu diganti beberapa kali, biasanya 2-3 kali sesuai besar buah.

4. Yang terpenting dalam proses ini, kita harus telaten dan tekun memperhatikan pertumbuhan buah.

Penampakkan:

Kotak akriliknya



Pilih Bibit yang Bagus


Letakkan di kotak akriliknya


Jangan Lupa Siram!


Tinggal Lihat Hasilnya


Berikut video pembuatannya:



Nah, berita bagus lain buat agan-agan, ternyata tidak hanya buah Semangka yang bisa kita renovasi bentuknya. Buah apa saja bisa Gan!

Jeruk Kotak


Strowberry Kotak


Melon Hati


Melon Bintang


Ketimun Bintang & Hati


Tomat Lonjong


Pear Bayi


Cara buatnya Gan!


Melon Micky Mouse


Sekian semoga bermanfaat dan bisa menambah kreativitas kita semua.

1 komentar: