Rabu, 16 Juli 2014

Home » , » Deretan Pesepakbola Top Dunia Pendukung Palestina

Deretan Pesepakbola Top Dunia Pendukung Palestina




Dunia Informasi – Untuk kesekian kalinya, tentara Israel menyerang penduduk Palestina di jalur Gaza. Lebih dari 160 roket diluncurkan Israel ke Gaza dan merusak sekitar 400 bangunan serta membunuh sekurangnya 30 orang warga tidak berdosa, kebanyakan adalah anak-anak.
Aksi Israel kembali menuai kecaman, baik dari kaum muslim dan non-muslim di belahan dunia. Mereka meminta Israel menghentikan serangan apalagi itu dilakukan saat bulan suci Ramadan, di mana seluruh umat muslim termasuk di Gaza sedang melakukan ibadah puasa.

Bentuk simpatik juga datang dari para bintang sepakbola. Mulai dari Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Maradona dan pemain lainnya.



Cristiano Ronaldo

Bintang Portugal yang bermain di Real Madrid, Cristiano Ronaldo diketahui menyumbangkan dana 19 miliar rupiah untuk pembangunan sekolah di Gaza. Dana tersebut didapat dari uang hasil lelang sepatu emas miliknya.

CR7 juga pernah secara langsung berkunjung ke Palestina dan menyaksikan penderitaan warga setempat.

Selain itu, CR7 pernah melakukan aksi protes terhadap Israel. Dia menolak bertukar kostum dengan pemain Israel. Kala itu, Timnas Portugal melawan Israel dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia Grup F. Di akhir pertandingan, pemain Israel mendekati Ronaldo untuk bertukar kostum, namun ia tidak mengindahkan pemain Israel tersebut.non-muslim di belahan dunia. Mereka meminta Israel menghentikan serangan apalagi itu dilakukan saat bulan suci Ramadan, di mana seluruh umat muslim termasuk di Gaza sedang melakukan ibadah puasa.

Bentuk simpatik juga datang dari para bintang sepakbola. Mulai dari Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Maradona dan pemain lainnya.






Diego Maradona

Legenda sepakbola Argentina, Diego Maradona tidak sungkan-sungkan mengatakan dia adalah pendukung nomor satu Palestina. Hal itu disampaikannya usai melatih Al Wasl pada Maret 2012 silam.

Maradona bersimpati dengan perjuangan Palestina karena merasa senasib dengan perjuangan Palestina melawan ketidakadilan. Sebelumnya, pada Agustus 2011 ia menerima dengan antusias kafiyeh (atribut khas Palestina sejenis sorban) dari pendukungnya. Pemilik gol 'Tangan Tuhan' itu juga berjanji suatu saat akan mengunjungi Palestina.



Lionel Messi

Bintang Timnas Argentina ini juga menyatakan bentuk dukungan kepada Palestina. Itu lakukan Messi dengan memegang kostum bertuliskan Free Palestina (bebaskan Palestina).

Bersama rekan-rekan di klub Barcelona, Messi juga pernah menjalani tur perdamaian di Palestina, Agustus 2013. Kedatangan skuat Catalan tentu saja mengundang perhatian para pecinta sepak bola di Palestina. Tidak terkecu


Frederic Kanoute

Pemain asal Mali ini dikenal cukup getol memberikan dukungan kepada Palestina. Saat masin bermain di klub Sevilla, Kanaoute pernah melakukan selebrasi gol dengan membuka bajunya dan memperlihatkan kaos dalamnya yang bertuliskan 'Palestine'.


Atas aksinya ini, sebuah kartu kuning dan juga sanksi denda dari Federasi Sepak Bola Spanyol (REF) sebanyak 3000 euro dijatuhi kepadanya. Tapi itu tidak membuat gentar. "Itu merupakan sesuatu yang saya harus lakukan. Setiap orang seharusnya merasa bertanggung jawab saat menyaksikan ada suatu situasi yang sangat tidak adil itu,” kata Kanaoute.



Mesut Ozil


Bintang Real Madrid ini punya cara tersendiri sebagai bentuk dukungan terhadap rakyat Palestina dan mengecam aksi Israel. Gelandang timnas Jerman ini mengunggah sebuah foto bocah korban serangan di jalur Gaza melalui akun istragam miliknya officialmesutozil10.

Derita korban di Gaza menjadi keprihatinan cukup mendalam bagi Ozil. Yang lebih membuatnya sangat pilu, sang bocah yang menjadi korban menggunakan kaos bola lengkap dengan nomor punggung Ozil yang telah terkotori bercak darah. Dalam pesannya, Ozil menuliskan "Istirahatlah dengan damai semua korban tidak berdosa. Saya mendoakan. Bebaskan Jalur Gaza. Bebaskan Palestina".

Legenda Manchester United ini diketahui pernah aktif terlibat dalam upaya pembebasan seorang pesepakbola asal Palestina yang ditahan aparat Israel tanpa alasan yang jelas.

Kepeduliannya atas kejadian itu ditunjukan dia dengan melayangkan sebuah surat ‘prihatin’ kepada presiden UEFA, Michel Platini. "Mereka menjebloskan pemain sepakbola Palestina ke penjara-penjara. Ini bentuk impunitas dan harus diakhiri. Mereka harus memberlakukan kesetaraan terhadap keadilan," kata Cantona saat itu.


Ronaldo

Bentuk dukungan serupa juga datang dari legenda Brasil, Ronaldo de Lima. Saat mengunjungi Palestina beberapa tahun lalu, Ronaldo mengenakan keffiyeh. Peraih tiga gelar Pemain Terbaik Dunia itu pun sempat foto bersama dengan penduduk setempat.

# via dream.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar