Senin, 10 Februari 2014

Home » , » Perbandingan Susu Kedelai Dan Susu Sapi

Perbandingan Susu Kedelai Dan Susu Sapi


Dunia Informasi - Perbedaan Susu Kedelai dan Susu Sapi Perbedaan utama antara susu kedelai dan susu sapi yakni pada sumbernya, yaitu tumbuhan dan hewan. Seperti dilansir dari Steady Health, satu cangkir susu kedelai
yang tidak difortifikasi (masih murni, belum mengalami pengayaan), mengandung hampir 7 gram protein, 4 gram karbohidrat, 4,5 gram lemak, dan tidak mengandung kolesterol.
Walaupun demikian, susu kedelai mengandung vitamin B, tapi susu ini bukan merupakan sumber B12 yang tidak memberikan asupan kalsium yang signifikan. Semenjak susu kedelai dijadikan pengganti susu sapi, produsen telah menawarkan versi susu kedelai yang sudah diperkaya dengan kalsium, vitamin E, B12, D, dan nutrisi lainnya. Sedangkan susu sapi sendiri, menyediakan karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak. Semua susu sapi mengandung 8 gram protein dan 12 gram karbohidrat per cangkir. Hal ini juga merupakan sumber yang kaya nutrisi lainnya.



Keunggulan Susu Sapi Perah
Susu sapi mengalami proses pasteurisasi, yaitu proses yang mana susu dipanaskan akan membunuh bakteri, enzim, dan protein yang tak menguntungkan. Susu sapi yang kaya dengan enzim dan benar-benar berisi 22 asam amino esensial, termasuk fosfat, yang penting untuk penyerapan kalsium. Susu sapi mentah atau perahan memiliki banyak manfaat kesehatan dan merupakan sumber kalsium terbaik. Susu sapi perahan ini merupakan sumber vitamin, khususnya vitamin B12, yang merupakan vitamin penting yang sulit ditemukan dari sumber-sumber non-daging. Dan juga berisi enzim IgG (Immunoglobulin), vitamin A, B, dan C. Manfaat besar lainnya, yakni bahwa susu sapi mengandung CLA (conjugated linoleic acid) atau asam linoleat terkonjugasi, yang telah diamati untuk melawan kanker.



Keunggulan Susu Kedelai
Manfaat kesehatan dari susu kedelai memang tak terbantahkan. Akan tetapi demikian, banyak orang yang peduli tentang perbandingan susu kedelai diukur dengan susu sapi. Susu kedelai yang tinggi protein yang terbuat dari kacang juga mengandung serat yang jauh lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Selain itu, manfaat terbesar dari susu kedelaiyakni isoflavon. Hal ini merupakan bahan kimia yang mirip dengan hormon estrogen. Isoflavon terhubung ke masalah kesehatan dan bertanggung jawab untuk mencegah banyak kanker, penyakit jantung, osteoporosis, dan banyak penyakit lainnya.


Kelemahan Susu Kedelai
Kelemahan utama dari susu kedelai, adalah kurangnya kandungan kalsium, yang hanya sekitar seperempat dari kalsium yang dikandung susu sapi. Banyak produsen susu kedelai menambahkan kalsium untuk produknya, tetapi studi menunjukkan bahwa hal itu tidak sesehat kalsium alami.


Larangan Untuk Bayi

Tapi perlu diingat, kedua jenis susu ini tidak diberikan untuk bayi di bawah usia satu tahun. ASI adalah makanan dan minuman bagi bayi, karena semua sumber nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh
kembang sudah terkandung dalam ASI.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar