Sabtu, 11 Mei 2013

Home » , » Yuk, Belajar 'Tabble Manner'

Yuk, Belajar 'Tabble Manner'





Intisari-Online.com - Kita sudah sangat mengenal alat makan yang biasa kita pergunakan sehari-hari. Ada sendok, garpu, pisau, dan piring. Namun, sebagian besar orang belum tahu bagaimana cara meletakan alat makan yang sudah dipergunakan saat makan. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam mempergunakan alat untuk makan selama jamuan makan adalah bahwa setiap alat yang ditata di atas meja mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing.

Agar tidak terjadi kesalahan dalam mempergunakan alat tersebut, sebagai pedoman pergunakanlah alat yang berada pada sebelah luar terlebih dahulu dari setiap tahapan urutan menu makanan.
Selama makan alat yang dipergunakan harus selalu berada pada posisi yang benar yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelum selesai makan
    Alat makan: sendok dan garpu.
    Posisi: Di atas piring dengan sendok di sebelah kanan dan garpu berada di sebelah kiri dan keduanya membentuk sudut 45 derajat  dengan sisi meja.
    Alat makan: Pisau dan garpu
    Posisi: Di atas piring dengan pisau di sebelah kanan mata pisau menghadap ke bawah (arah sisi meja) dan garpu di sebelah kiri dan keduanya membentuk sudut 45 derajat dengan sisi meja.
    Bila alat makan tersebut hanya sendok atau garpu saja, maka alat tersebut harus diletakkan di dalam mangkuk atau gelas tempat menyajikan makanan tersebut, dengan gagang sendok atau garpu berada di sebelah kanan.
  2. Sesudah selesai makan
    Alat makan: sendok dan garpu
    Posisi: Di atas piring sebelah kanan dan kedua sejajar dan membentuk sudut 45 derajat dengan sisi  meja. Sendok di atas garpu di bawah. Mata sendok dan garpu menghadap ke atas.
    Alat makan: Pisau dan garpu
    Posisi: Di atas piring sebelah kanan dan keduanya sejajar dan membentuk sudut 45 derajat dengan sisi meja, pisau di atas dan garpu di bawah. Mata garpu menghadap ke atas, mata pisau menghadap ke bawah (kearah garpu).
    Bila alat makannya hanya terdiri atas sendok atau garpu saja, maka alat tersebut harus diletakkan di atas alas mangkuk atau gelas yang dipergunakan untuk menyajikan makanan, dengan gagang sendok/garpu di sebelah kanan dan matanya menghadap ke atas.
  3. Bermaksud menambah makanan lagi
    Alat makan: Sendok dan garpu atau pisau dan garpu.
    Posisi: Di atas piring dengan posisi menyilang sendok/pisau di sebelah kanan mata pisau menghadap ke bawah (arah sisi meja), mata sendok menghadap ke atas dan garpu di sebelah kiri mata garpu menghadap ke atas dan keduanya bersilangan dan membentuk sudut 45 derajat.
Semoga menambah wawasan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar