Sabtu, 11 Mei 2013

Home » , » 6 Cara Biar Laptop Enggak Hang

6 Cara Biar Laptop Enggak Hang





Intisari-Online.com - Jengkel! Begitu yang kita rasakan saat asyik mengetik, main game, atau sedang menjalankan program lain tiba-tiba laptop tak bisa digunakan. Kursor tetikus tak bereaksi meski sudah kita gerak-gerakkan ke segala penjuru. Tombol-tombol ditekan namun tak ada reaksi. Begitu juga dengan tombol "Numlock". Itulah pertanda laptop mengalamihang.

Biasanya ketika laptop hang, orang mematikannya secara paksa kemudian dinyalakan kembali. Akan tetapi jika setelah beberapa saat menjadi hang lagi pasti akan membuat kesal dan ingin mencari apa penyebabnya serta ingin memperbaikinya.
Berikut ini adalah cara memperbaiki laptop yang hang:
  1. Laptop hang karena prosesor (CPU) terlalu panas. 
    Bersihkan kipas pendingin dan heatsink untuk memperbaiki masalah.
  2. Gunakan Cooling Pad saat memakai laptop. 
    Jika memakai laptop lebih dari dua jam bisanya suhu laptop cenderung tinggi yang menyebabkan laptop overheat sehingga kinerja laptop menurun. Untuk mengantisipasinya maka digunakan cooling pad. Beli cooling pad dengaan kualitas terbaik untuk hasil terbaik. Ini dapat mengurangi risikooverheat pada laptop Anda. Alat ini biasanya diletakkan sebagai bantalan laptop.
  3. Tambah memori. 
    Menambah memori akan meningkatkan kinerja laptop sehingga meminimalkan hang akibat terlalu banyak beban.
  4. Pindai virus. 
    Virus merupakan faktor penyebab komputer yang sering hang. Virus akan merusak kerja sistem kerja pada laptop.
  5. Kurangi akses peranti lunak secara bersamaan. 
    Jika mengakses peranti lunak secaraa bersamaan, maka akan memberatkan kerja memori laptop.
  6. Defragment Hard Drive (cakram keras). 
    Semakin banyak informasi dan program yang Anda miliki di komputer, semakin besar kemungkinan bahwa Windows telah menempatkan bagian-bagian file yang sama di lokasi yang berbeda pada cakram keras Anda. Akibatnya prosesor akan membaca file yang sama dua kali atau lebih. Dengan men-defrag file yang sama dikumpulkan sehingga kerja memori menjadi lebih ringan. (*)
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar