Sabtu, 25 Mei 2013

Home » , , » Bahan Bakar Mobil dari Tabung Elpiji 3 Kg

Bahan Bakar Mobil dari Tabung Elpiji 3 Kg




Jakarta - Ada yang menarik di pameran IndoAutomotive 2013 yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Salah satunya yakni Gaskit Conversion Kit. Konverter gas ini bisa menggunakan tabung elpiji 3 kg untuk bahan bakar kendaraan.

Produk ini merupakan converter kit dari bahan bakar minyak (BBM) ke gas yang katanya bisa mengirit uang Rp 900 ribu perbulannya.

Salah satu karyawan dari PT Tritunggal Perkasa Global, Daniel mengatakan penghitungan itu berdasarkan hasil yang diraih saat melakukan penelitian.

Daniel menjabarkan pengujicobaannya. Pada saat melakukan ujicoba ia menggunakan mobil Toyota Yaris Konversi kg ke liter untuk LPG sesuai berat jenisnya yakni 1 kg LPG sama dengan 1,7 liter LPG.

Jadi 3 kg LPG sama dengan 6 liter LPG harganya Rp 15.000. Jika konsumsi BBM Yaris menggunakan premium 1 liter untuk jarak tempuh 10 km, maka 6 liter premium dengan harga Rp 27 ribu dapat digunakan jarak 60 km.

"Jadi dengan LPG 1 liter/10 km maka efisiensinya Rp 27 ribu dikurangi Rp 15 ribu dan hasilnya Rp 12 ribu," terang Daniel saat ditemui detikOto di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2013).

Daniel menambahkan, efisiensi menggunakan tabung LPG 3 kg kurang lebih mencapai 45 persen. Jika dalam 1 bulan penggunaan BBM mengeluarkan dana Rp 2 juta. Dan apabila menggunakan BBM akan terjadi penghematan sebesar 45 persen dikalikan Rp 2 juta hasilnya Rp 900 ribu.

"Efisiensi menggunakan tabung LPG 3kg lebih besar dibanding menggunakan CNG," katanya.

Menariknya, alat ini tidak hanya bisa digunakan di mobil saja tapi di motor pun bisa. Selagi mobil dan motor menggunakan injektor sistem maka bisa menggunakan alat ini.



"Untuk harganya dijual Rp 3 juta untuk motor dan Rp 7 juta untuk mobil. Bedanya di injektornya, motor cuma 1 injektor, mobil bisa 3 atau 4 injektor dan motor pakai gas 3 kg sedangkan mobil 12 kg," tuntas Daniel.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar