Rabu, 19 Februari 2014

Home » , » Negara dengan Cadangan Energi Terbesar di Dunia

Negara dengan Cadangan Energi Terbesar di Dunia


Ladang minyak Amerika Serikat (Business Insider)

Dunia Informasi – Politisi dan para aktivis lingkungan saat ini sangat senang membicarakan pemakaian sumber energi alternatif yang tidak merusak lingkungan. Tetapi, hingga saat ini dunia masih menganggap bahan bakar dari fosil sebagai raja.

Dikutip dari Business Insider, Selasa 18 Februari 2014, semakin berkembangnya teknologi dalam beberapa tahun terakhir, ada cadangan energi lain selain minyak dan batu bara yang sebelumnya sangat sulit untuk dijangkau yakni gas alam.

Dengan menggunakan data ulasan statistik dari British Petroleum pada 2013, Business Insider membuat peringkat negara-negara yang memiliki cadangan energi terbesar. Adapun cadangan energi yang dimaksud adalah tiga bahan bakar fosil yakni minyak, batu bara, dan gas alam.

Business Insider menghitung nilai total cadangan energi masing-masing negara dengan menggunakan harga global yang ada saat ini. Untuk harga minyak, digunakan harga Brent Crude Oil pada Bloomberg Markets.

Untuk harga gas, digunakan rata-rata harga BP pada 2013 untuk Jepang, Amerika Serikat dan Jerman, guna mengakomodasi pasar dunia yang beragam.

Sementara itu, untuk harga batu bara digunakan harga perdagangan Bank Dunia pada 2013 untuk harga batu bara Australia, yang biasanya menjadi patokan harga untuk pasar global.

Berikut negara-negara dengan cadangan energi terbesar di dunia.

1. Rusia

Negara ini memiliki 87 miliar barel cadangan minyak, 1.163 triliun kaki kubik cadangan gas, dan 157 juta ton cadangan batu bara. Ketiga cadangan energi itu jika dikonversi dengan harga pada saat ini US$40,7 triliun.

Rusia saat ini merupakan produsen terbesar kedua gas alam kering dan mengekor Amerika Serikat dan Arab Saudi untuk produksi minyak.

Pertumbuhan ekonomi Rusia sebagian besar didorong oleh ekspor energi dengan pendapatan minyak dan gas menyumbang 52 persen seluruh pendapatan negara.

Dominasi energi oleh Rusia diperkirakan akan berlangsung terus-menerus. Gas alam akan menjadi sumber energi yang paling penting bagi Rusia karena negara ini memiliki cadangan gas alam terbesar kedua di dunia.

2. Iran

Negara ini memiliki 157 miliar barel cadangan minyak, 1.187,3 triliun kaki kubik cadangan gas. Kedua cadangan energi itu jika dikonversi dengan harga pada saat ini US$35,3 triliun.

Dengan headline yang mendominasi yakni pembicaraan nuklir Amerika Serikat-Uni Eropa-Iran dan sanksi yang sedang berlangsung, mudah untuk melupakan bahwa Iran memiliki cadangan gas alam terbesar di dunia dan cadangan minyak terbesar ke empat di dunia.

Sanksi yang masih dijalankan tersebut memiliki efek yang merugikan pada sektor energi Iran karena mencegah investasi dan teknologi asing untuk mengembangkan cadangan gas Iran.

Tetapi, keuntungan yang tak terduga dari sanksi tersebut adalah perluasan kilang minyak dalam negeri Iran, yang telah tumbuh untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Dengan kondisi seperti itu, haruskah Iran mematuhi kesepakatan nuklir yang tertunda dan mencabut semua sanksi-sanksi itu? Tentu investasi asing bisa terburu-buru untuk mengembangkan sumber daya Iran yang besar itu.

3. Venezuela

Negara ini memiliki 297,6 miliar barel cadangan minyak, 196,4 triliun kaki kubik cadangan gas, dan 479 juta ton cadangan batu bara. Ketiga cadangan energi itu jika dikonversi dengan harga pada saat ini US$34,9 triliun.

Venezuela mungkin dapat terganggu oleh pemadaman listrik, kurangnya investasi, dan perusahaan minyak negara yang berjalan pada kerugian besar-besaran, tetapi memiliki cadangan energi yang luas.

Venezuela saat ini menjadi negara eksportir minyak terbesar ke-delapan dan memiliki cadangan minyak terbesar di dunia.

The Orinoco Belt, pasir minyak seperti yang ditemukan di Kanada, merupakan sebagian besar cadangan minyak Venezuela. Menurut survei US Geological, Orinoco diperkirakan menghasilkan 380 miliar - 652 miliar barel minyak.

Namun, untuk mengambil minyak dari Orinoco dibutuhkan metode yang lebih kompleks untuk mengekstrak dari banyak sumber minyak konvensional.

4. Saudi Arabia

Negara ini memiliki 265,9 miliar barel cadangan minyak, 290,8 triliun kaki kubik cadangan gas. Kedua cadangan energi itu jika dikonversi dengan harga pada saat ini US$33 triliun.

Selain menjadi produsen dan eksportir minyak terbesar di dunia, Arab Saudi juga memiliki hampir seperlima dari cadangan minyak dunia.

Arab Saudi juga memiliki cadangan gas alam yang besar, tetapi masih belum berkembang. Saat ini, Arab Saudi lebih memfokuskan energi surya untuk memenuhi kebutuhan listriknya, bukan lagi dengan minyak.

5. Amerika Serikat

Negara ini memiliki 35 miliar barel cadangan minyak, 300 triliun kaki kubik cadangan gas, dan 237.295 juta ton cadangan batu bara. Ketiga cadangan energi itu jika dikonversi dengan harga pada saat ini US$28,5 triliun.

Amerika Serikat merupakan konsumen energi terbesar kedua di dunia yakni 25 persen konsumsi minyak dunia. Sementara, negara ini hanya mampu menghasilkan 6 persen pasokan minyak dunia.

Ketergantungan Amerika pada energi asing bisa berubah dalam waktu dekat karena adanya revolusi gas dan rekah hidrolik.

6. Kanada

Negara ini memiliki 173,9 miliar barel cadangan minyak, 70 triliun kaki kubik cadangan gas, dan 6.582 juta ton cadangan batu bara. Ketiga cadangan energi itu jika dikonversi dengan harga pada saat ini US$20,2 triliun

Kanada adalah salah satu dari lima produsen energi terbesar di dunia. Dengan cadangan minyak dan gas alam yang besar dan dekat, Kanada menjadi pemasok utama impor energi Amerika Serikat.

Pengembangan ladang Bakken dan pasir minyak Athabasca telah mendorong pertumbuhan pasokan bahan bakar yang tak terduga. Diperkirakan Kanada menjadi pemain kunci di sektor energi dunia ke depannya.

7. Irak

Negara ini memiliki 150 miliar barel cadangan minyak, 126,7 triliun kaki kubik cadangan gas. Kedua cadangan energi itu jika dikonversi dengan harga pada saat ini US$18 triliun.

Pada 2012, Irak bisa menggeser posisi Iran sebagai produsen terbesar kedua minyak mentah di OPEC, meskipun hanya sebagian kecil ladang minyak Irak yang dibangun.

Pembangunan ladang minyak di Irak membutuhkan stabilitas negara yang mendukung perkembangan ekonomi sehingga investor asing tertarik untuk masuk ke Irak.

Perusahaan asing dapat membantu pembangunan infrastruktur dan perkembangan sektor energi Irak.

8. Qatar

Negara ini memiliki 23,9 miliar barel cadangan minyak, dan 885,1 triliun kaki kubik cadangan gas. Kedua cadangan energi itu jika dikonversi dengan harga pada saat ini US$16,4 triliun.

Beberapa tahun terakhir Qatar berkembang pesat berkat sektor energinya yang kuat. Qatar menjadi eksportir gas alam cair terbesar dan pemasok gas alam kering terbesar ke-empat.

Pada 2012, Qatar memperoleh US$55 miliar dari ekspor minyak atau 60 persen dari total pendapatan pemerintah.

9. United Arab Emirates (UAE)

Negara ini memiliki 97,8 miliar barel cadangan minyak, dan 215,1 triliun kaki kubik cadangan gas. Kedua cadangan energi itu jika dikonversi dengan harga pada saat ini US$13,8 triliun.

UAE saat ini mampu memproduksi rata-rata 2,8 juta barel minyak mentah per hari atau tertinggi ke-delapan di dunia. UAE juga menjadi salah satu 20 produsen gas terbesar di dunia.

Beberapa proyek yang sedang berlangsung dapat meningkatkan produksi gas alam, tetapi lebih difokuskan untuk pemenuhi kebutuhan dalam negeri, bukan ekspor.

Beberapa tahun ini, UAE membuat kemajuan pada diversifikasi ekonomi di bidang pariwisata dan manufaktur. Diperkirakan dalam waktu dekat sektor energi akan mendominasi perekonomian UAE.

10. China

Negara ini memiliki 17,3 miliar barel cadangan minyak, 109,3 triliun kaki kubik cadangan gas, dan 11.450 juta ton cadangan batu bara. Ketiga cadangan energi itu jika dikonversi dengan harga pada saat ini US$13,2 triliun.

China memang menjadi negara dengan jumlah penduduk paling padat di dunia dan konsumen energi terbesar di dunia. Tetapi negara yang ekonominya berkembang sangat pesat itu juga menjadi salah satu produsen energi terbesar di dunia. (eh)

© VIVA.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar