Sabtu, 08 Februari 2014

Home » , » Perbandingan Toyota Avanza, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga

Perbandingan Toyota Avanza, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga

img
 
Dunia Informasi - Berbicara soal fitur, mungkin dengan harga sekitar Rp 200 juta, akan sulit menemukan fitur yang lengkap di mobil-mobil Low MPV ini. Namun berkat makin ketatnya persaingan dan permintaan pasar, fitur-fitur di mobil-mobil Low MPV kian bertambah.

Jika dulu, Toyota merasa Avanza belum perlu memasang fitur seperti rem antilock Brake System ABS atau airbag, mau tidak mau agar tidak kalah saing mereka harus menambahkan fitur itu setelah kompetitornya seperti Suzuki Ertiga ternyata memasang Airbag dan rem ABS.

Honda pun menyadari soal fitur yang pastinya akan menjadi salah satu pertimbangan konsumen. Honda pun sudah cukup lengkap memasang berbagai fitur di Mobilio.

Untuk perbandingan fitur ini yang kami sandingkan adalah tipe teratas dari 3 model MPV ini. Fitur-fiturnya hampir mirip. Yuk kita simak fitur-fitur yang tersedia di Avanza, Ertiga dan Mobilio.
 
 

1. Toyota Avanza Veloz
Avanza Veloz memiliki 7 fitur andalan di interiornya untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna mobil.

7 Fitur itu adalah:

1. Sistem audio double DIN yang sudah bisa disambungkan dengan USB dan juga AUX.
2. Steering switch dan tilt steering untuk mempermudah mengatur audio dan posisi mengemudi.
3. USB hub, untuk memudahkan pengguna mobil menyambungkan berbagai gadget dengan sistem audio Avanza.
4. Combination Meter, combination meter ini sudah terisi lengkap dengan tripmeter digital, indikator gigi, jam dan analog tachometer untuk memudahkan memantau kondisi mobil pada saat nyetir.

5. Layar MID. Layar Multi Information Display ini memuat data-data komputer mengenai jarak jelajah, konsumsi BBM.

6. Tempat penyimpan botol. Total ada 16 botol minuman yang bisa dimuat di mobil Avanza.

7. Glove box dan Driver Storage. Mobil dilengkapi dengan laci yang cukup lega di sisi penumpang dan pengendara.

Untuk fitur keamanan, Toyota sudah memasangkan ABS, airbag, child protection lock dan sabuk pengaman di semua kursi.
Kemudian ada juga sensor parkir di bagian belakang untuk membantu pengemudi menjaga jarak yang aman saat parkir.

 
 
2. Suzuki Ertiga GX/AT Elegant
Meski interiornya cukup standar, namun Suzuki sudah melengkapi Ertiga dengan berbagai fitur keselamatan yang lengkap. Ada airbag pada kemudi dan dashboard yang akan mengembang ketika mobil mengalami benturan.

Ertiga juga memiliki Collapsible Steering Column, atau setir yang akan patah jika terjadi kecelakaan yang berat. Ini perlu untuk melindungi tubuh pengendara. Sistem keselamatan lain adalah rem ABS dan EBD.

Di pintu sampingnya ada pelat Side Impact Beam, yang melindungi penumpang saat terjadi tabrakan dari samping untuk membuat pintu tetap kokoh.

Kuncinya juga sudah dilengkapi dengan immobilizer dan security alarm.

Sementara untuk kenyamanan pengendara ada audio double DIN yang bisa diatur volume atau lainnya melalui tombol di setir. Kemudian ada double Blower AC.

Yang cukup unik di Ertiga adalah cup holder di penumpang depan. Tinggal tekan saja tombolnya, maka cup holder akan muncul dari bagian kanan dashboard. Tepat di bawah AC sebelah kiri.

Di baris keduanya ada sandaran tangan yang bisa diturunkan atau dinaikkan.

img
 
3. Honda Mobilio Prestige
Dalam pengamatan detikOto, Honda Mobilio memiliki desain interior khususnya dashboard yang paling lemah dibanding kompetitornya.
Audionya sudah menggunakan Head Unit 2DIN layar sentuh.
Namun kekuatan interior Mobilio ada di kenyamanan dan kelapangan kabinnya. Bagi penumpang baris ketiga dan kedua bisa duduk dengan nyaman.

Khusus untuk Prestige Honda mempermaknya dengan penambahan Fog Lamp Garnish, Door Lower Garnish, Rear License Garnish, dan Exhaust Pipe Finisher yang lebih mewah dengan elemen chrome, desain Alloy Wheel baru yang lebih elegant, serta Rear Parking Camera yang semakin memudahkan saat parkir.

Di Mobilio juga ada ECO indikator yang berfungsi untuk mendeteksi dan memberikan informasi secara langsung kepada pengemudi mengenai cara mengemudi yang irit BBM.

Untuk fitur keselamatan, mobil ini sudah dilengkapi dengan dual airbag, rem ABS dan EBD, serta security alarm dan immobilizer untuk mencegah mobil dimaling orang.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar