Kamis, 26 Desember 2013

Home » , » Cara Jitu Bikin Motor Matik Jadi Awet dan "Ngacir"

Cara Jitu Bikin Motor Matik Jadi Awet dan "Ngacir"




Dunia Informasi - Perawatan motor matik tidak jauh berbeda dengan perawatan motor pada umumnya. Hanya, pada beberapa bagian memerlukan perlakuan khusus, seperti komponen V-Belt yang menjadi sistem perputaran roda.
Perawatan secara benar dan berkala pada motor matik, tidak hanya dapat berdampak terhadap performa motor yang makin tangguh, tapi juga bisa memperpanjang umur dari komponen motor.

Berikut ini ada lima tips yang dapat dilakukan untuk motor matik:

Pertama, lakukan servis secara rutin 2 bulan sekali, seperti cek busi, buka filter udara sampai cek ketegangan V belt. Selain itu, periksa tekanan angin ban serta kondisi rem motor.

Jangan lupa untuk selalu memanaskan motor sebelum dipakai. Lebih baik menggunakan starter engkol untuk menyalakan mesin ketika hendak dipanaskan.

Kedua, pergantian oli mesin memiliki peranan penting untuk melumasi komponen-komponen mesin. Ganti oli setiap 2.000 km dan kelipatannya.

Ketiga, bagi mereka yang masih menggunakan teknologi karburator, ada baiknya cek dan bersihkan karburator 3 bulan sekali. Atau setiap kali servis lebih baik dibersihkan.

Keempat, tiap 15.000 km klep wajib dibersihkan agar mesin dalam kondisi bagus dan motor tidak ngadat atau mogok. Biasanya kotoran mengganjal di bagian ini, apalagi jika motor sering melewati jalanan yang berdebu.

Terakhir, servis di bengkel resmi dari merek motor yang Anda gunakan.

Sumber: WeLoveHonda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar