Jumat, 13 Desember 2013

Home » , » Ini Dia OS Baru Calon Penantang Android

Ini Dia OS Baru Calon Penantang Android



Dunia Informasi - Saat ini Android sedang berada diatas angin sebagai platform OS mobile nomor wahid di dunia dan nyaris tanpa pesaing. Namun demikian bukan berarti tidak ada OS lain yang bersiap-siap menggerogoti pasar Android. Saat ini ada beberapa OS baru yang siap terjun bebas untuk berebut kue market share mobile dunia.

Bisa jadi tahun depan adalah awal persaingan sesungguhnya, apakah ada yang mampu menggoyahkan hegemoni Android atau tidak. Berikut OS yang akan bersaing dengan Android di pasaran.

1. Tizen

Gagal dengan OS Bada tidak membuat Samsung kapok membuat OS sendiri. Samsung berkolaborasi dengan intel membuat sistem operasi sendiri yang diberi nama OS Tizen. Saat ini Tizen mulai merambah banyak perusahaan dengan menggandeng 36 perusahaan untuk memperluas pasar.

Tizen sendiri sebenarnya adalah hasil pengembangan dari platform MeeGo yang dulu didevelop Nokia bersama Intel dan LiMo. Linux Foundation mempromosikan Tizen sebagai platform alternatif selain Android.

Seiring dengan waktu, Tizen semakin sempurna. Sebuah video yang berdurasi lebih dari 9 menit menampilkan kemampuan terbaru OS tersebut, beredar beberapa waktu lalu. Dalam video itu Tizen tampak dijalankan pada perangkat Samsung Z9005 dan memang terlihat berjalan mulus.

2. Firefox

Khawatir akan dominasi Android membuat sejumlah perusahaan telekomunikasi memberi dukungan kepada Mozilla untuk mengembangkan sistem operasi mobile yang diberi nama OS Firefox awal tahun 2012 lalu. Diantara perusahaan itu adalah operator Deutsche Telekom, Sprint, Smart, Telecom Italia, Telenor dan Etisalat.

Awal tahun 2013 ponsel berbasis OS Firefox itu pun akhirnya resmi dirilis. Diluar dugaan sambutan pasar terhadap handset ini lumayan besar.

3. Sailfish

Sailfish dan Jolla, 2 nama yang tak terpisahkan. Jolla adalah merk perangkatnya sedangkan Sailfish adalah OS-nya. Mantan dan para petinggi Nokia adalah orang dibelakang ponsel dan sistem operasi ini.

Menurut CEO Jolla, Tomi Pienimaki, mereka bakal menyiapkan Sailfish agar bisa dijalankan pada ponsel Android. Dengan kata lain, nantinya pengguna ponsel Android dapat mengganti sistem operasi yang digunakannya dengan Sailfish.Ponsel Jolla sendiri sudah bisa dibeli sejak beberapa waktu lalu, namun memang masih terbatas untuk di negara tertentu saja.

4. Ubuntu

Sistem operasi Ubuntu untuk smartphone resmi dirilis Canonical sekitar bulan November lalu setelah melalui proses yang cukup lama dalam pengembangannya.

Pada awalnya Ubuntu yang menggunakan sandi Saucy Salamander ini hanya ditujukan buat para pengembang aplikasi dan produsen smartphone. Tentu saja tujuannya adalah untuk membangun ekosistemnya, sementara untuk produsen smartphone bertujuan agar produsen dapat mengembangkan hardware yang sesuai untuk adaptasi Ubuntu.

CEO Canonical Mark Shutteworth yang memastikan bahwa ponsel Ubuntu yang pertama ini akan hadir tahun 2014 dan akan langsung menyasar segmen menengah ke atas.

Di awal versinya, OS Ubuntu Canonical ini telah menyertakan beberapa aplikasi standar di dalamnya yang terdiri dari browser, clock, weather, dan kalkulator.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar