Senin, 16 Desember 2013

Home » » Indonesia Lolos ke Semifinal setelah Kalahkan Myanmar

Indonesia Lolos ke Semifinal setelah Kalahkan Myanmar




Dunia Informasi - Timnas Indonesia U-23 akhirnya lolos ke semifinal SEA Games 2013 setelah menundukkan tuan rumah Myanmar. Indonesia menang lewat gol penalti Alfin Tuasalamony di pertengahan babak pertama.

Bermain di Thuwunna Youth Training Centre Stadium, Senin 16 Desember 2013, Garuda Muda tampil menekan sejak menit awal. Mereka mampu mendominasi jalannya laga.

Namun, rapatnya barisan pertahanan tuan rumah mampu membuat frustrasi para pemain Indonesia. Kreatifitas para pemain di lini depan Indonesia juga sangat minim. Tercatat, hingga pertandingan berjalan setengah jam, anak-anak asuh Rahmad Darmawan hanya mendapatkan dua peluang saja.

Pasukan Garuda Muda baru mendapat kesempatan emas di menit 36. Ketika itu, pergerakan Alfin di dalam kotak penalti harus dihentikan oleh kiper Pyae Phyo Aung.

Wasit pun menunjuk titik putih karena Pyo dianggap melakukan pelanggaran. Alfin yang menjadi algojo mampu membuat Indonesia unggul. Skor sementara 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga jeda.

Pada paruh kedua, Myanmar melakukan sedikit perubahan strategi. Mereka mulai bisa keluar dari tekanan yang diberikan para pemain Indonesia.

Lewat skema serangan balik, pasukan Malaikat Putih --julukan Myanmar-- mampu memberikan tekanan kepada para pemain belakang Indonesia. Pada menit 80, Si Thu mendapatkan peluang emas ketika melepaskan sepakan dari luar kotak penalti Indonesia.

Sayang, upaya Si Thu masih gagal karena bola masih melenceng di sisi kanan gawang Andritany. Usaha Myanmar untuk menyamakan kedudukan kian berat setelah Ye Ling Aung diganjar kartu merah oleh wasit satu menit jelang waktu normal usai.


Pertandingan penentuan nasib Indonesia dan Myanmar ini juga sempat terhenti beberapa saat di masa injury time. Terjadi tiga insiden kecil yang membuat wasit menghentikan sementara pertandingan.

Dua suporter sempat masuk ke dalam stadion dalam waktu yang terpisah. Ditambah, para pemain mendapatkan ancaman dari tribun ketika suporter tuan rumah melempar benda-benda keras ke dalam lapangan. Dan hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia bertahan.

Atas hasil ini, Indonesia berhak lolos ke fase semifinal karena unggul secara head to head. Indonesia akan menantang pemuncak dari klasemen Grup A. Penentuan juara Grup A baru bisa dipastikan pada Selasa 17 Desember 2013 besok.

Susunan Pemain
Indonesia : Andritany Ardhiyansa; Diego Michiels, Alfin Tuasalamony, Manahati Lestusen, Mohammad Syaifuddin; Bayu Gatra, Ramdhani Lestaluhu (Andik Vermansah 63'), Rizky Pellu, Dedi Kusnandar; Fandi Eko Utomo, Yandi Sofyan (Egi Melgiansyah 83')

Myanmar : Pyae Phyo Aung; Nay Lin Tun (Thet Naing 70'), Kyaw Zayar Win (Kyaw Ko Ko 46'), David Htan (Thei Tan Win 50'), Yan Aung Win; Aung Zaw, Si Thu Aung; Kyaw Min Oo, Kaung Si Thu, Zaw Min Tun; Ye Ling Aung.


• VIVAbola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar