Senin, 05 November 2012

Home » , » Fakta Mengenai Darah Manusia

Fakta Mengenai Darah Manusia




Begitu menarik kalau kita lebih banyak tahu fakta mengenai tubuh kita. Artikel berikut ini adalah fakta mengenai darah kita :

  1. 7% dari berat tubuh manusia adalah darah.
  2. Darah terdiri dari sel darah merah, sel darah putih dan trombosit (platelets)
  3. Darah manusia mengapung dalam cairan berwarna kuning yang dinamakan plasma darah. Plasma darah terdiri dari 90% air dan juga terdiri dari berbagai kandungan gizi, elektrolit, gas, protein, glukosa dan hormon.
  4. Sel darah merah diproduksi di dalam sumsum tulang dan disirkulasi ke seluruh tubuh selama 120 hari.
  5. Sel darah putih merupakan sistem imunisasi tubuh yang penting. Ia mencegah dari berbagai serangan bakteri, virus, sel kanker, infeksi dan lain lain.
  6. Trombosit membantu penggumpalan darah agar membatasi pendarahan apabila kulit kita terluka. Penggumpalan darah dapat juga berakibat negatif, apabila penggumpalan terjadi di pembuluh darah dan mengalir ke otak, bisa menyebabkan stroke pada manusia. Apabila penggumpalan mengalir ke jantung maka akan menyebabkan serangan jantung.
  7. Selain mengalirkan bahan bahan yang penting bagi sel tubuh kita, darah juga membantu membuang kandungan yang tidak dibutuhkan tubuh kita.
  8. Pengelompokan jenis darah manusia merupakan proses yang sulit. Saat ini ada sekitar 30 jenis darah manusia (kelompok golongan darah manusia). Kita lebih mengenal dengan sistem “ABO” sistem yang lebih sederhana dimana jenis darah digolongkan menjadi O, A, B dan AB. Sudah tahukan golongan darah teman teman ?
  9. Banyak dermawan menyumbangkan darahnya setiap tahun. Darah ini sangat penting bagi yang membutuhkan atau dibuat untuk keperluan penelitian.
  10. Tidak semua orang dapat menyumbangkan darahnya. Mereka harus diperiksa terlebih dahulu apakah memiliki penyakit yang dapat menular melalui darah.
  11. Salah satu indikator kesehatan manusia adalah tekanan darah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar