Kamis, 26 Februari 2015

Home » , , » Info Terkini : Perkembangan Tol Cikampek Palimanan (CIKAPALI)

Info Terkini : Perkembangan Tol Cikampek Palimanan (CIKAPALI)


Proyek jalan tol (ilustrasi)

ag03s.blogspot.com - Keberadaan Tol Cikampek Palimanan (Cikapali) diprediksi mengubah jalur mudik Lebaran tahun ini. Tol sepanjang 116 kilometer ini diyakini dapat mengurangi beban jalur Pantai Utara yang menjadi akses prioritas pemudik.

Tol Cikapali ditargetkan selesai sebelum musim mudik dan akhir Maret dapat diujikelaikan.

Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia, Senin (23/2/2015), meninjau proses pengerjaan tol di section 6B, Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon.

Section ini merupakan ujung dari tol yang memiliki nilai investasi mencapai Rp 12,6 triliun ini. Perwakilan Tim Survei Korlantas Polri Mansyur Slamet mengatakan pembangunan tol sudah mencapai 82%.



“Berdasarkan hasil pemaparan pengembang, pengerjaannya sudah mencapai 82 persen. Sudah dibeton lalu tinggal pengaspalan. Harapan kami selesai dengan tepat waktu, Karena ini sangat mengurangi beban jalur Pantura,” katanya.

Menurut Mansyur, selama ini kepadatan arus mudik di jalur utara terdapat di Tol Cikopo Cikampek. Sedikitnya 123.000 kendaraan melintas setiap harinya. Namun dengan keberadaan Tol Cikapali, kepadatan arus mudik terurai ke beberapa titik.

Di antaranya di pintu keluar utama Palimanan. “Bisa jadi kepadatannya di Cirebon karena banyak yang keluar dan kembali masuk ke Pantura,” katanya.

Tol Cikapali memiliki tujuh simpang susun yakni Cikopo, Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati, Sumberjaya, dan Palimanan. Tol ini berhubungan juga dengan Tol Kanci-Pejagan, Jawa Tengah.

Selain di tujuh pintu itu, kepadatan diprediksi terjadi di Pejagan. Namun begitu, Mansyur belum bisa menghitung berapa volume kendaraan yang terurai dengan keberadaan Tol Cikapali ini.

“Belum sampai ke situ karena mesti dilakukan kejian lebih lanjut. Termasuk nanti apakah jalur Pantura hanya digunakan untuk kendaraan roda dua atau seperti apa. Nanti pembicaraannya di pimpinan, bersama sejumlah instansi terkait,” katanya.

Tol Cikapali dibangun sejak 2011. Dengan tol ini diprediksi waktu tempuh Cikopo-Jawa Tengah hanya 10 jam.

Sumber PR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar