Jumat, 12 April 2013

Home » , , » Mengupas "Si Kembar" Avanza-Xenia Nan Fenomenal

Mengupas "Si Kembar" Avanza-Xenia Nan Fenomenal

Dunia Informasi - Kesuksesan kedua low MPV inipun berlanjut setelah PT. Toyota Astra Motor dan PT. Astra Daihatsu Motor kembali meluncurkan All New Avanza-Xenia.



Carmall.com - Sebuah sinergi tercipta ketika dua perusahaan dibawah naungan Astra International, PT. Toyota Astra Motor (TAM) dan PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) memutuskan berkolaborasi dan menciptakan sebuah produk yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap kendaraan irit, handal dengan harga terjangkau. Avanza-Xenia pun resmi meluncur secara perdana pada Januari 2004.



Sampai saat ini, Avanza-Xenia menjelma menjadi kendaraan impian keluarga Indonesia. Tak ada yang berlebihan dengan kata impian, sebab data yang CarMall.com peroleh menyebutkan bahwa penjualan Avanza-Xenia dari Januari 2004-Oktober 2011 mencapai angka 981.230 unit.

Kelanjutan kerjasama kedua brand asal Jepang pun terus berlanjut dengan kembali diluncurkannya All-New Avanza dan All New Xenia pada awal November 2011. Kehadiran generasi terbaru low-MPV (Multi-Purpose Vehicle) tersebut sangat dinantikan keluarga Indonesia. Apakah kebaruan yang ditawarkan All New Avanza dan Xenia ?

Serupa tapi tak sama



Seperti kita ketahui bahwa pembuatan "si kembar" ini dilakukan oleh PT. Astra Daihatsu Motor. Wajar saja jika keduanya disebut kembar, karena All New Avanza-Xenia menggunakan platform yang sama dengan dimensi keseluruhan 4.140 x 1.660 x 1695 mm.

Sama hal nya dengan perubahan yang dilakukan pada sektor eksterior dan interior. All New Avanza-Xenia tampil dengan desain dinamis dan sporty. Penyegaran pun terlihat jelas pada tampilan depan yang kini dilengkapi headlamp stylish dengan desain menyudut dan tajam. Tampang All New Avanza-Xenia pun makin dinamis dan mewah karena sudah mengaplikasi grill depan berdesain melengkung disertai aksen krom.

Selain itu, All New Avanza-Xenia juga hadir dengan desain bumper depan dan belakang yang baru, serta pilihan velg alloy dengan pilihan ring 13 dan 14 inci untuk All New Xenia, dan ring 14-15 inci untuk All New Avanza. Begitu juga dengan lampu belakang dengan kombinasi baru, wiper belakang, back door openend, reflector dan sensor parkir untuk memudahkan pengemudi saat parkir mundur.



Perbedaannya hanya terdapat pada perangkat aksesoris seperti list krom di foglamp dan roof spoiler dengan third brake lamp yang hanya terdapat di All New Avanza. Begitu juga dengan All New Avanza Veloz yang menjadi varian tertinggi All New Avanza. Veloz memiliki desain bumper yang lebih berotot disertai garis-garis tegas demi menunjukkan aerodinamika yang baik. Desain grill bermotif honeycomb pun menjadi pembeda yang tipis dari varian All New Avanza-Xenia standar.

Selanjutnya, bagaimanakah dengan tampilan interior All New Avanza-Xenia? Serta pengembangan apa saja yang dilakukan pihak pabrikan guna meningkatkan kualitas kedua low MPV ini.

Kabin yang lebih luas disertai pengembangan lain pada sektor kaki-kaki dan mesin, menjadi nilai penting All New Avanza-Xenia sebagai kendaraan favorit keluarga Indonesia.



Selanjutnya kami akan membicarakan apa yang dilakukan PT. Toyota Astra Motor dan PT. Astra Daihatsu Motor terhadap interior dan mesin All New Avanza-Xenia.

Sedikit mengulas tampilan All New Avanza-Xenia secara keseluruhan. Generasi terbaru low MPV kembar ini memiliki dimensi yang lebih besar dengan penambahan panjang bodi 20 mm dan lebar 25 mm. secara total, dimensi All New Avanza-Xenia kini menjadi 4.120 x 1.635 x 1.695 mm (P x L x T) dengan wheelbase 2.655 mm.

Ubahan utama pada kabin



Penambahan dimensi yang dilakukan pada diri All New Avanza-Xenia berpengaruh besar terhadap kelegaan kabin. PT.Astra Daihatsu Motor selaku produsen Avanza-Xenia memberikan perubahan baru terutama pada kursi baris kedua dan ketiga. Kursi baris kedua kini mengaplikasi sliding seat yang masing-masing bisa digerakkan maju-mundur sejauh 60 mm dengan menarik satu tuas saja.

Sementara itu, kursi baris ketiga dengan model separate seat juga sudah dilengkapi dengan head rest dan sepasang safety belt. Jarak antara punggung kursi belakang dengan pintu bagasi pun bertambah sebanyak 40 mm. Artinya, pemilik low MPV ini bisa menambah barang bawaan karena bagasi yang dibuat lebih lebar. Pemberian console box yang diletakkan di beberapa bagian juga memudahkan pengemudi ataupun penumpang untuk menyimpan barang lainnya
agar mudah dijangkau.

Kesan luas saat berada di dalam kabin All New Avanza-Xenia makin terasa karena keduanya memiliki desain interior two tone. Faktor lain yang membuat kabin terasa lega adalah berkat kaca samping yang dibuat lebih lebar.

Tak hanya lapang, kendaraan favorit keluarga Indonesia ini juga menyajikan penyegaran lain meliputi upper air vent yang memberikan sirkulasi udara maksimal bagi semua penumpang. Sementara untuk beberapa tipe All New Xenia (X dan R) serta semua model Avanza, pihak Daihatsu melengkapi kabin belakangnya dengan AC Double Blower yang sudah menyatu dengan plafon.

Selain itu, sebagai penunjang kenyamanan selama berkendara juga didukung oleh pilihan perangkat hiburan single DIN untuk varian terendah dan double DIN dengan penambahan kontrol audio bagi All New Avanza-Xenia kasta tertinggi.

Racik ulang suspensi


Gejala limbung yang biasa terdapat pada kendaraan jenis low MPV seperti Avanza-Xenia menjadi sebuah kenyataan umum. Namun, pada generasi terbaru ini kekurangan tersebut rasanya mampu diredam oleh keduanya. Meski tetap menggunakan perangkat suspensi serupa seperti McPherson Struts (depan) dan Multi-link (belakang), pihak pabrikan rupanya melakukan pengaturan ulang sistem kekerasan per serta peredam kejut agar stabilitas kendaraan lebih baik.

Pada sektor dapur pacu, All New Avanza-Xenia masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi terdahulunya. All New Avanza tetap menawarkan dua pilihan mesin, yaitu K3-VE 1.300 cc ( tipe E & G) bertransmisi otomatis dan manual serta mesin 3SZ-VE 1.500 cc (tipe G) yang hanya tersedia dalam transmisi manual. Sementara All New Xenia "bermain" di segmen yang lebih kecil melalui mesin EJ-VE DOHC VVT-i 1.000 cc (D &M) bertransmisi manual dan mesin K3-VE DOHC VVT-i 1.300 cc yang tersedia untuk model X (M/T), R (M/T) dan R (A/T).


Walau begitu, All New Avanza-Xenia diklaim mengalami peningkatan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Beberapa pengembangan yang dilakukan meliputi pemasangan EPS (Electric Power Steering) dan mengurangi putaran mesin saat idle hingga 50 rpm.

Rasanya pengembangan pada sektor kaki-kaki yang memberikan penyempurnaan stabilitas, serta perbaikan pada sektor mesin inilah yang membuat All New Avanza-Xenia begitu dinantikan dan diminati oleh keluarga Indonesia. Kenyataan tersebut pun harus dihadapi dengan bijak, baik oleh PT. TAM atau PT. ADM karena membanjirnya pesanan All New Avanza-Xenia yang melebihi kapasitas produksi mereka.

Lebih aman meski tanpa Airbag dan ABS ?

Meski All New Avanza-Xenia masih belum menyematkan fitur keselamatan seperti airbag dan ABS, namun beberapa fitur keselamatan yang bersifat antisipasi sudah diaplikasikan oleh pihak produsen. Contohnya adalah teknologi GOA Body pada Avanza dan TAF Body untuk Xenia, berfungsi menyerap getaran lebih saat terjadi tabarakan atau kecelakaan. Sebagai catatan, hanya All New Avanza Veloz saja yang mennggunakan perangkat ABS.

Bahkan Direktur Marketing PT. ADM , Amelia Tjandra mengatakan kedua fitur tersebut belum terlalu diperlukan untuk kondisi jalan raya di Indonesia. "Namun semua semua standar keamanan global yang wajib diterapkan pada kedua kendaraan ini sudah diterapkan dan teruji dengan baik," kata Amelia. Sementara Direktur Marketing PT.TAM menambahkan akan tetap fokus pada keselamatan mobil disamping memperhatikan sektor kenyamannya.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar