Rabu, 08 Agustus 2012

Home » Makanan Yang Dipajang Dekat Kasir Tak Sehat Buat Anak

Makanan Yang Dipajang Dekat Kasir Tak Sehat Buat Anak



Foto: urban-review.com

Jakarta - Banyak deretan makanan kemasan di kasir supermarket. Tujuannya untuk menarik pengunjung yang sedang antri membayar. Rupanya, banyak pihak yang tak suka dengan hal ini, karena bisa menumbuhkan pola makan tak sehat bagi anak.

Ada kekhawatiran tersendiri bagi orang tua jika mengajak anak ke supermarket. Aneka makanan kemasan yang tak menyehatkan ditata apik memikat mata. Anak-anakpun jadi lapar mata, dan merengek pada orang tua untuk membelikannya. Tentu saja hal ini tak baik untuk kesehatannya.

Kekhawatiran yang sama juga dirasakan oleh para orang tua di Inggris. Supermarket memajang makanan tak sehat di dekat kasir. Tentu saja hal tersebut 'mengancam' para orang tua yang memberlakukan pola makan sehat di keluarga.

Menurut The Children's Food Campaign, mayoritas supermarket besar masih saja melakukan hal tersebut, padahal sudah sejak lama mereka berjanji untuk menguranginya. Hal ini mengundang para peneliti untuk mencermatinya lebih lanjut. Mereka meneliti ratusan kasir di 48 supermarket di London.

Hasilnya, mereka menemukan jika di banyak tempat, junk food sengaja diletakkan setara dengan jangkauan mata anak-anak. Jenis makanan seperti permen, keripik dan minuman bersoda jadi mayoritas pilihan makanan yang dijejerkan. Bahkan makanan tak sehat tersebut tersedia di empat dari lima kasir di supermarket besar di London.

Peneliti tersebut juga mengkritik beberapa toko seperti Co-op, Sainsbury's, Tesco dan Waitrose yang sengaja meletakkan aneka camilan dan makanan manis di bagian antrian. Selain itu, mereka juga merasa terganggu karena toko obat dan juga toko lain yang tak ada hubungannya dengan makanan juga memajang aneka makanan tak sehat di gerainya.

“Dorongan untuk mengambil barang di rak dekat kasir bisa menambah ratusan kalori bagi keluarga”, kata Sophie Surham, salah satu peneliti. “Jika supermarket ingin menjadi penjual yang bertanggung jawab, maka mereka harus mementingkan kesehatan keluarga para pembeli dibandingkan keuntungan mereka sendiri”, tambahnya.

Amanda Flint, seorang ibu dari 4 anak ini mendukung aksi ini. “Berbelanja dengan anak-anak menjadi sangat menyulitkan. Adanya permen dan cokelat di dekat kasir sungguh menjengkelkan”. Selama ini, Flint mencoba terapkan pola makan sehat bagi keluarganya, dan tak ingin usahanya jadi sia-sia karena mata anak-anaknya tertuju pada makanan tak sehat di supermarket.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar