Rabu, 08 Agustus 2012

Home » Buah dan Sayur, Bukan Antioksidan Biasa!

Buah dan Sayur, Bukan Antioksidan Biasa!


Foto: vhe210.files.wordpress.com

Jakarta - Kalau Anda menyukai buah dan sayur, Anda patut bersyukur. Karena tak hanya kebutuhan vitamin dan serat harian saja yang terpenuhi, tapi juga menghindarkan Anda dari kanker dan juga stroke. Bagaimana mungkin?

Sayuran dan buah-buahan menjadi sumber serat yang cukup berperan dalam proses pencernaan dalam tubuh. Selain itu juga sayuran dan buah menjadi sumber vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Jika Anda memang menyukai sayuran dan buah-buahan, Anda patut bersyukur karena keduanya merupakan suplemen alami.

Sudah banyak penelitian yang mengatakan kalau buah dan sayuran kaya akan antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, dan karotenoid. Kesemua nutrisi itu mampu mencegah kerusakan sel-sel akibat radikal bebas. Radikal bebas ini diduga menjadi salah satu penyebab penyakit kronis.

Diantaranya adalah penyakit kanker, stroke, dan juga penyakt jantung. Meskipun banyak keuntungan yang didapat dengan mengkonsumsi buah dan sayuran tersebut tapi belum banyak bukti yangmenyatakan kalau buah dan sayuran bisa mencagak terjadinya penyakit jantung dan kanker.

Para peneliti di Spanyol menggunakan banyak data hasil studi di Eropa untuk mengevaluasi hubungan antara total jumlah antioksidan pada buah dan sayur yang mampu dikonsumsi dengan tingkat kematian.

Sementara mereka melakukan penelitian lebih lanjut, mereka membenarkan jika kita mengkonsumsi buah dan sayur tertentu yang memang kandungan antioksidannya tinggi bisa mengurangi resiko kematian akibat kanker, jantung, ataupun stroke. Hal ini bisa dikaitkan karena asupan nutrisi yang terdapat dalam buah dan sayur meningkatkan kekebalan tubuh lebih besar dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi buah ataupun sayur. Sehingga tubuh terhindar dari penyakit dan virus.

Nah, tidak ada salahnya untuk memulai mengkonsumsi buah dan sayur sejak dini guna menghindari berbagai macam penyakit akibat virus dan radikal bebas yang banyak dijumpai di luaran. Bagaimana dengan Anda?

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar