Rabu, 08 Agustus 2012

Home » 4 Pantai Ini Penuh Dengan Cangkang Kerang

4 Pantai Ini Penuh Dengan Cangkang Kerang


Shell Beach, Australia Barat (Amusing Planet)

  
 
Jakarta - Jika pantai biasanya memiliki pasir putih yang indah, ternyata hal tersebut tidak terjadi di pantai-pantai ini. Anehnya, 4 pantai ini memiliki dataran yang penuh dengan cangkang kerang.

Ini memang merupakan hal yang tidak wajar. Biasanya sebuah pantai dipenuhi dengan pasir putih yang cantik, batu karang besar, atau mungkin kerikil yang menghiasi datarannya. Namun, percaya atau tidak, seperti yang dilansir oleh Amusing Planet, Rabu (8/8/2012), 4 pantai ini memiliki dataran yang penuh dengan cangkang kerang:

1. Shell Beach, Australia Barat

Shell Beach atau Pantai Kerang terletak 45 kilometer sebelah tenggara Denham, Teluk Hiu, Australia Barat. Pantai seluas 120 km persegi ini ternyata dipenuhi oleh jutaan cangkang kerang. Sebagian dari cangkang tersebut malah sudah mulai memenuhi pasir pantai yang putih.

Akan tetapi, sebenarnya kejadian ini tidaklah aneh. Air laut di Pantai Kerang ini memang dikenal memiliki tingkat keasinan air yang tinggi. Oleh karena itu, perkembangbiakan kerang di sini sangat tidak terkendali. Alasan lainnya juga karena minimnya predator kerang di pantai ini.

Peristiwa ini sudah terjadi selama ribuan tahun lalu. Kerang tersebut ternyata tidak hanya di bibir pantai saja, tapi juga ada di dasar lautnya. Ratusan meter dari bibir ke arah lepas pantai, Anda masih bisa menemukan cangkang kerang yang berserakan.

2. Pantai di Pulau Sanibel, Florida, Amerika Serikat

Berbeda dengan Pantai Kerang di Australia yang cukup mengganggu wisatawan, Pulau Sanibel di Florida, Amerika Serikat malah kebanjiran pengunjung. Mereka berbondong-bondong ingin menyaksikan ribuan kerang yang memenuhi pantai di pulau ini. Tidak tanggung-tanggung, setiap minggunya pulau ini disambangi oleh 20.000 hingga 30.000 pengunjung.

Ternyata, Pulau Sanibel adalah penghalang bagi pergerakan kerang dari barat ke timur. Oleh karena itulah alasan kenapa pulau ini bisa dipenuhi banyak sekali cangkang kerang.

Selain kebanjiran pengunjung, kerang tersebut ternyata membawa berkah bagi masyarakat Pulau Sanibel. Mereka mencoba membuat suvenir dari bahan dasar kerang yang bisa dijual kepada wisatawan yang datang. Sebagian kerajinan tangan tersebut juga bisa dilihat di Bailey-Matthews Shell Museum yang ada di pulau tersebut.

3. Shell Beach, Saint Barthelemy, Karibia

Di Karibia, terdapat sebuah kepulauan yang dikenal dengan nama Leeward. Di antara gugusan pulau tersebut ternyata ada satu yang mampu menarik banyak sekali wisatawan, yaitu Saint Barthelemy.

Banyak sekali wisatawan yang datang karena penasaran. Pulau ini ternyata memiliki sebuah pantai yang juga dipenuhi oleh ribuan cangkang kerang. Namanya sama seperti pantai di Australia Barat, yaitu Shell Beach.

Di sepanjang tepiannya, pantai ini dipenuhi oleh ribuan cangkang kerang. Bukannya menganggu wisatawan, cangkang-cangkang tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri. Sebagian dari mereka malah mengambil beberapa kerang yang cantik dirangkai menjadi sebuah karya seni yang indah.

4. Jeffreys Bay, Afrika Selatan

Jeffreys Bay adalah kota yang terletak di Eastern Cape, Afrika Selatan. Meskipun cangkang kerang di sini tidak sebanyak di Shell Beach, Australia, tapi kawasan ini ternyata cukup terkenal. Di sini hidup 600 spesies kerang dari seluruh dunia. Kerang tersebut saat ini menjadi koleksi di Shell Museum yang berada di kota tersebut.

Pada bulan September, Jeffreys Bay menggelar Festival Kerang. Acara ini adalah event internasional yang sudah diadakan selama 20 tahun. Saat festival berlangsung, warga Jeffreys Bay biasanya memperlihatkan kerajinan tangan mereka yang berbahan dasar kerang. Kerang tersebut dinilai dari kecantikan dan kegunaannya.

Selain itu, pantai di Jeffreys Bay juga menjadi spot paling asyik untuk berselancar. Pantai ini adalah salah satu dari 5 pantai untuk surfing paling terkenal di dunia. Pada bulan Juli, biasanya diadakan event berselancar internasional, yaitu Billabong Pro ASP World Tour.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar