Rabu, 08 Agustus 2012

Home » Kulit Mulus dan Badan Ramping Berkat Grapefruit

Kulit Mulus dan Badan Ramping Berkat Grapefruit

 

Foto: candleco.co.ukJakarta - Grapefruit bukanlah anggur. Namun, buah ini juga tidak dapat disamakan dengan jeruk Bali. Grapefruit punya karakteristik dan manfaat hebat. Menurunkan kadar kolesterol dan membuat kulit mulus merupakan beberapa manfaat buah ini.

Grapefruit adalah jeruk besar berkulit oranye dengan daging merah keunguan seperti anggur. Buah ini berbeda dengan jeruk Bali yang berkulit hijau kekuningan dan berukuran jauh lebih besar. Grapefruitterasa asam, sedangkan jeruk Bali terasa manis-pahit. Grapefruitbanyak dibiakkan di Amerika Serikat, sementara jeruk Bali adalah tanaman asli Asia Tenggara.

Seperti dilansir dari Huffington Post, grapefruit punya bermacam-macam manfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi satu buah grapefruit per hari dapat menurunkan kolesterol jahat hingga 15.5% serta trigliserida sebanyak 27%. Makanya, buah ini bagus untuk kesehatan jantung.

Menurut studi yang dimuat di Journal of Agricultural and Food Chemistry, buah yang berwarna merah pekat lebih baik karena mengandung antioksidan lebih tinggi dibanding yang pucat. Namun, jika Anda sedang mengonsumsi obat, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Pasalnya, buah ini dapat meningkatkan potensi dari obat tertentu.

Grapefruit pun baik bagi Anda yang sedang menjalankan diet. Riset Nutrition and Metabolic Research Centerdi California menunjukkan bahwa buah ini dapat menghilangkan rasa lapar. Zat-zat di dalamnya membantu pembakaran lemak dan menstabilkan kadar gula darah serta insulin. Makanlah setengah buah grapefruit setiap akan bersantap, niscaya berat badan Anda akan turun 1.5 kg dalam 12 minggu.

Buah ini juga cocok untuk merawat kecantikan, khususnya kulit. Karena kaya vitamin C, grapefruit dapat membantu produksi kolagen agar kulit kenyal dan kencang. Manfaatnya akan optimal jika Anda mengonsumsi satu buah grapefruit setiap hari.

Kulit kasar dan hitam juga dapat diatasi dengan menggosokkan campuran sari grapefruit dan gula ke kulit. Kandungan vitamin C-nya yang asam dapat menyamarkan noda dengan mengurangi produksi pigmen berlebih. Namun, jangan digunakan pada wajah karena dapat mengiritasi.

Jika kamar mandi Anda kotor, Anda bisa menggunakan grapefruit sebagai pembersih alternatif. Buang sarinya, sisakan pulp dan kulitnya. Celupkan dalam sepiring garam, gosokkan ke peralatan kamar mandi, lalu bilas. Asam sitrat dari buah melenyapkan kotoran, sementara garam membasmi kuman dan berfungsi sebagai amplas.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar