Jumat, 09 Januari 2015

Home » , » Paus Seberat 40 Ton Melompat ke Udara, Menakjubkan

Paus Seberat 40 Ton Melompat ke Udara, Menakjubkan


ag03s.blogspot.com - Sayang untuk anda lewatkan, peristiwa langka ini terjadi di lepas pantai Afrika Selatan pada 3 Oktober lalu, tepatnya di bagian timur Cape Town. Tertangkap kamera seekor paus bungkuk (humpback whale) melakukan atraksi lompatan di udara.

Nyaris tak percaya, seekor paus dengan tubuh diperkirakan seberat 40 ton itu mampu melompat dengan lincah di udara. Dapat anda bayangkan betapa besar percikan air ketika paus itu jatuh kembali ke air, tentunya sangat dahsyat.

Dilansir Daily Mail, peristiwa ini terjadi saat para wisatawan berlayar menikmati indahnya lautan sekitar pantai Afrika Selatan. Cukup mengejutkan tiba-tiba muncul paus bungkuk yang melompat terbang di udara. Sontak mereka tercengang, dan pemandu wisata Steve Benjamin, berhasil mengabadikan peristiwa yang sangat jarang terjadi itu dengan kameranya.



Awalnya paus bungkuk itu terlihat hanya berenang di sepanjang permukaan air. Kemudian menyelam dan menghilang kurang lebih selama 20 menit. Namun tak disangka ia muncul kembali secara tiba-tiba dengan melakukan lompatan di udara.

Paus Humpback (Megaptera Novaeangliae) disebut paus bungkuk karena memiliki tonjolan seperti punuk di atas kepalanya sehingga terlihat seperti bungkuk. Paus jenis ini dikenal sering melakukan atraksi akrobatik seperti bermanuver melompat tinggi di udara, menampar permukaan dengan sirip dada, ekor atau kepala mereka. Ia memiliki sirip atau sayap terpanjang di dunia yang panjangnya mencapai 5 meter. Sirip itulah yang membuatnya mampu bermanuver melompat tinggi, memperlambat gerakan atau bahkan bergerak ke belakang.







sumber: Daily Mail,
Versesofuniverse, Republik Tawon

2 komentar: