Rabu, 21 Januari 2015

Home » , , » Cara Mendaftarkan Blog Di Google Analytics

Cara Mendaftarkan Blog Di Google Analytics

Cara Mendaftarkan Blog Di Google Analytics

ag03s.blogspot.com - Google Analytics merupakan sebuah layanan gratis yang diberikan oleh google untuk menampilkan data-data pengunjung blog atau website. Google analytics juga bisa memeriksa kedatangan pengunjung blog menurut informasi halaman yang menyambungkan ke sebuah blog, salah satu contohnya adalah mesin pencari seperti google, pengiklan seperti adsense, dan bisa juga link atau tautan yang terhubung dengan dokumen PDF. Jika disandingkan dengan Adwords, Google analytics bisa sangat bermanfaat untuk memeriksa kemajuan iklan adwords yang sudah dipasang di google. Dengan adanya layanan google analytics, pemilik blog bisa dengan mudah mengetahui iklan yang dipasang di blog berjalan dengan baik atau tidak dan juga bisa memeriksa kata kunci apa saja yang paling banyak dicari untuk menghubungkan ke situs sipemilik blog. Untuk bisa mengakses aplikasi google analytics Cuma perlu mengetikan alamat atau url di browser dengan alamat google.com/analytics. Google Analytics juga bisa difungsikan untuk memeriksa banyaknya pengunjung dari sebuah blog. Dengan disediakannya google analytics oleh google, pemilik blog atau website bisa dengan mudah membuat laporan tentang banyak atau sedikitnya pengunjung blog dalam jangka waktu bulanan, mingguan, bahkan harian. Untuk bisa mendaftar di program Google Analytics sebagai pemilik blog atau webiste cuma disyaratkan untuk memiliki sebuah akun google saja.
 
Cara Mendaftarkan Blog Di Google Analytics
Gambar Cara Mendaftarkan Blog Di Google Analytics
Pentingnya gogle analytics sangat disarankan untuk para webmaster atau pemilik blog agar bisa mengetahui kondisi bagaimana blognya berjalan dengan baik atau tidak di internet. Dalam artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara mendaftarkan blog di google analytics atau cara daftar blog ke google analytic dengan sangat mudah dan praktis. Karena si pemilik blog Cuma disyaratkan untuk mempunyai sebuah akun gmail saja. Siapa yang tidak mempunyai akun gmail? Sudah dipastikan semua webmaster atau pemiliki blog pasti memiliki akun gmail. Karena begitu banyaknya sebuah layanan gratis yang dihubungkan ke akun gmail tersebut.

Menurut penulis satu hal yang begitu canggih dari google analytics adalah dengan google analytics kita sebagai pemilik blog bisa memantau blog yang kita kelola pada saat itu juga dari menu waktu nyata yang disediakan oleh google analytics. Jadi kita bisa langsung mengetahui ada berapa pengunjung yang mengunjungi blog kita, bisa mengetahui penjung yang baru itu dari mana, dan masih banyak yang lainnya pada saat itu juga.

Jika sudah tidak sabar untuk bisa mempunyai layanan gratis dari google ini mari kita belajar cara mendaftarkan blog di google analytics dengan sangat mudah dan praktis silahkan ikuti petunjuk dibawah ini dengan cermat.

Cara mendaftarkan blog di google analytics atau cara daftar blog ke google analytic dengan sangat mudah dan praktis.
  1. Yang pertama yang harus dilakukan adalah ketikan alamat url google analytics itu sendiri di browser kesayangan kita seperti mozila, ketika google.com/analytics
  2. Setelah halaman yang kita ketik tadi terbuka, klik menu masuk yang ada di paling kanan atas dari halaman tersebut
  3. Setelah itu lalu klik pendaftaran untuk kita mendaftarkan akun google analytics yang baru
  4. Setelah kita masuk, lalu silahkan lengkapi formulir pendaftaran dengan benar
  5. Dan ingat pastikan untuk memilih pilihan WEBSITE dan bukan APLIKASI di menu pilihan opsi
  6. Pilih bagian yang paling bawah yaitu UNIVERSAL ANALYTICS karena memang diperuntuhkan secara gratis
  7. Setujui pada halaman privacy police dengan cara mengklik tombol I ACEPT
  8. Setelah menyetujui persyaratan atau ketentuan yang dibuat oleh google analytics kita akan dibawa ke halaman akun kita yang baru dan kita diberikan sebuah kode analytics untuk dipasang di blog atau website kita.
Untuk pengguna blogger atau blogspot pasang kode analytics tersebut dari menu pengaturan lalu pilih lainnya pada kotak google anality silahkan masukan kode yang telah didapat dari halaman setelah kita mendaftarkan. Masukan kode pelacakannya contoh (UA-XXXXX-X). Dan untuk pengguna selain blogger atau blogspot kode analytics bisa dipasang di bagian head pada template atau temanya.

Setelah semuanya selesai dilakukan sekarang kita sudah bisa melihat perkembangan atau laporan secara terkini dari google analytics. Semoga artikel cara mendaftarkan blog di google analytics ini bisa bermanfaat bagi pembaca terimakasih.

3 komentar: