Senin, 14 April 2014

Home » » Beberapa Tujuan Wisata di Wonosobo

Beberapa Tujuan Wisata di Wonosobo




Dunia Informasi – Kabupaten Wonosobo, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Wonosobo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang di timur, Kabupaten Purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di barat, serta Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di utara.

Kabupaten Wonosobo berdiri 24 Juli 1825 sebagai kabupaten di bawah Kesultanan Yogyakarta seusai pertempuran dalam Perang Diponegoro. Kyai Moh. Ngampah, yang membantu Diponegoro, diangkat sebagai bupati pertama dengan gelar Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Seconegoro.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Wonosobo adalah daerah pegunungan. Bagian timur (perbatasan dengan Kabupaten Temanggung) terdapat dua gunung berapi: Gunung Sindoro (3.136 meter) dan Gunung Sumbing (3.371 meter). Daerah utara merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya Gunung Prahu (2.565 meter). Di sebelah selatan, terdapat Waduk Wadaslintang.

Arti Logo Kabupaten Wonosobo 1. Garis-garis vertikal berwarna hitam artinya curah hujan yang turun mempunyai intensitas yang tinggi. 2. 2 buah gunung menandakan bahwa Kota Wonosobo yang ASRi berada di bawah kaki Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. 3. Garis bergelombang melintang horisontal berwarna kuning sebagai tanda bahwa di daerah Wonosobo banyak terdapat sumber mata air. 4. Padi dan Kapas yang tergambar di tepi pledge menandalan bahwa Wonosobo adalah daerah subur. 5. Tulisan SWATANTRA di pita putih mempunyai tekad menjadikan WOnosobo sebagai daerah yang mandiri.

Kabupaten Wonosobo terdiri atas 15 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Wonosobo.

Tempat wisata di Wonosobo:
1. Kompleks Candi Dieng

Terdapat beberapa komplek candi di daerah ini, komplek Candi Dieng dibangun pada masa agama Hindu, dengan peninggalan Arca Dewa Siwa,Wisnu, Agastya, Ganesha dan lain-lainya bercirikan Agama Hindu. Candi-candi yang berada di dataran tinggi Dieng diberi nama yang berkaitan dengan cerita atau tokoh-tokoh wayang Purwa dalam lokan Mahabarata, misalnya candi Arjuna, candi Gatotkaca, candi Dwarawati, candi Bima, candi Semar, candi Sembadra, candi Srikandi dan candi Puntadewa.

2. Kawah Candradimuka


Kawah ini sebenarnya bukan kawah gunung berapi, tetapi merupakan pemunculan Solfatara dari rekahan tanah.

3. Telaga Warna



Disebut Telaga Warna karena memiliki keunikan tersendiri berkaitan dengan warna telaga. Terkadang berwarna hijau dan kuning, biru dan kuning, atau berwarna-warni mirip pelangi. Variasi warna ini dipengaruhi cuaca, waktu dan tempat melihatnya.kalo malem telaganya berwarna hitam

4. Telaga Pengilon


Airnya yang jernih seperti cermin itulah yang membuat penduduk setempat memberi nama Telaga Pengilon. Ada mitos penduduk menyebutkan bila danau ini bisa untuk mengetahui isi hati manusia. Bila ia terlihat cantik atau tampan ketika memandang air telaga ini, maka hatinya baik, bila sebaliknya maka ia termasuk orang berhati kurang baik, anda boleh percaya boleh tidak, namanya juga mitos.

5. Telaga Menjer



6. Tambi Tea Plantation


Perkebunan Tambi merupakan perkebunan teh di Kabupaten Wonosobo dengan ketinggian 1.350 dpl yang terletak di sebelah Barat lereng Gunung Sindoro dibangun pada tahun 1865. Dari pusat kota Wonosobo 16 km ke arah Utara.Tempat wisata ini dilengkapi dengan kamar-kamar penginapan yang bagus dan komplit.

7. Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing


Gunung Sindoro dan G. Sumbing serupa sekali, berapi dan berkerucut. Diperkirakan gunung-gunung itu berasal dari sumber dan masa yang sama. G. Sindoro dan G. Sumbing dipisahkan oleh sebuah jalan raya yang menghubungkan Kota Wonosobo dan Kota Magelang.

8. Curug Winong


Obyek wisata ini terletak sekitar 25 km dari kota wonosobo ke arah selatan, tepatnya di kecamatan Kaliwiro, Kab. Wonosobo. Konon kalo kita ngucapin permohonan disitu bisa terkabu...

9. Taman Rekreasi Kalianget


Pemandian Kalianget adalah sebuah pemandian alam air panas yang terletak 3 kilometer sebelah utara Kota Wonosobo pada jalur jalan wisata Wonosobo - Dataran Tinggi Dieng. Air ini mengandung asam sulfat (belerang) cukup tinggi. Sehingga memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit seperti kudis, kurap, kadas, panu dan sebagainya.

10.Dieng Plateu Theater



Disini anda bisa menonton film dokumenter Dieng dengan durasi 15 menit,filmnya jg berisi bencana yang sempat terjadi saat kawah sikidang meledak, kawah sikidang ternyata berhubungan langsung dengan kawah candradimuka (kawah yang dianggap masih dalam tahap bahaya karena terkadang mengeluarkan gas beracun).

11.Rita Mall


Merupakan pusat perbelanjaan di kota Wonosobo,terletak di Wonosobo plaza Jalan. Ahmad Yani Wonosobo.

12.Alun-alun kota Wonosobo






 13.Tirta Ria Water Boom
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi1hldhYXMrZSd9N2dEqeZ0o9A_kXmSqbeZMMDLpwNplkdUsQHBiaMGwR6pByQknPsZJPSbk4L5CDaMAbx_Vn-4IXNXHtKydQ1EwwgMft6v6hWUfk6HJzIR3Rzu06upsbZ1WCf6yBAL2DU/s400/tirta+ria.jpg

Merupakan salah satu kolam renang di wonosobo dengan berbagai fasilitas, seperti water boom, minimarket, cafe, convention hall

14.Kolam Renang Mangli


Kolam renang yg terletak disamping pabrik air minum aqua ini mempunyai 2 buah kolam,satu untuk dewasa dan satu untuk anak-anak

15.Waduk Wadaslintang



Merupakan danau buatan dan danau terluas di Kab. Wonosobo.waduk ini terletak di dua kecamatan yaitu kec. Wadaslintang kab. Wonosobo dan kec. Padureso kab. Kebumen 38 km ke arah selatan dari pusat kota Wonosobo.
DAn karena terletak di perbatasan kab. wonosobo dan kebumen, maka waduk ini dikelola oleh dua kabupaten tersebut.

16.Tanjungsari Tea Plantation




Salah satu perkebunan teh di wonosobo.terletak di jalan raya Wonosobo - Purworejo - Borobudur kec. Sapuran 17 km ke arah timur dari pusat kota Wonosobo.

sumber kaskus

1 komentar:

  1. Dunia Informasi: Beberapa Tujuan Wisata Di Wonosobo >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Dunia Informasi: Beberapa Tujuan Wisata Di Wonosobo >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Dunia Informasi: Beberapa Tujuan Wisata Di Wonosobo >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus