Jumat, 13 Juli 2012

Home » Tips Internetan Murah Saat ke Luar Negeri

Tips Internetan Murah Saat ke Luar Negeri


Berlibur ke luar negeri dan berencana untuk menghabiskan uang saku anda untuk berbelanja atau hal lain yang lebih menarik daripada membayar tagihan ponsel anda? Perhatikan baik-baik biaya roaming internasional di ponsel anda sebelum bepergian, untuk mengindari tagihan ponsel yang membengkak.

Ketika anda membawa ponsel anda ke luar negeri, anda tidak lagi menggunakan operator telephone anda untuk menelephone, SMS atau browsing internet. Anda akan dialihkan ke jaringan operator lokal dimana anda berada. Tarif normal tidak lagi berlaku dan anda akan dikenakan biaya berbeda, juga untuk browsing internet per megabyte – walaupun anda telah mendaftarkan paket browsing unlimited di rumah. Hal ini bisa membuat tagihan kartu kredit anda membengkak.

Jadi, bagaimana agar tetap bisa akses internet tanpa membuat tabungan anda terkuras? Pembuat web browser Opera Software memberi beberapa tip untuk tetap menghemat tagihan ponsel anda untuk liburan anda yang akan datang:

• Sebelum anda berlibur, cari tahu daftar tarif roaming internasional yang ditawarkan operator anda, yang terkadang menyediakan penawaran-penawaran hemat untuk data roaming. Apakah anda mengubah atau tidak paket data anda, ketika anda sampai ke tempat tujuan, sempatkan untuk membaca SMS dari jaringan operator sementara, yang terkadang memberikan informasi tarif data yang berlaku.

• Gunakan browser ponsel berbasis cloud, yang akan mengecilkan halaman web sebelum sampai di ponsel anda. Dengan cara itu, ponsel anda akan memuat data yang lebih kecil – lebih hemat uang, hemat waktu dan tidak membuat frustasi. Sebagai contoh, browser Opera Mini akan mengecilkan halaman web hingga halaman web hanya berukuran 10% dari halaman aslinya, dan memperlihatkan penghitungan data uang menunjukkan jumlah megabyte yang anda gunakan. Mengecilkan halaman web juga membantu anda browsing lebih banyak dari paket data roaming anda.

• Ketika anda mengaktifkan roaming, gunakan hanya data servis yang benar-benar penting di ponsel anda – seperti browser web dan email – untuk menghindari aplikasi lain meng-update data dalam jumlah besar. Gunakan browser daripada aplikasi untuk mengakses situs favorit anda.

• Untuk web tanpa paket data roaming, browsing secara gratis dengan koneksi Wi-Fi. Biasanya tersedia di airports, hotel, dan cafĂ©, atau anda dapat menggunakan aplikasi seperti Wi-Fi Finder untuk mencari lokasi hotspot terdekat. Browser berbasis web juga sangat berguna untuk browsing lebih cepat di jaringan Wi-Fi yang ramai.

“Ketika saya sedang berada di Luar Negeri, dan saya perlu untuk memeriksa sesuatu secara online seperti jadwal bis, atau reservasi hotel, saya tidak mau menghabiskan banyak waktu dan uang untuk berkutat dengan ponsel saya,” ujar TV travel guru Ian Wright. “Saya mungkin tidak terlalu mengerti teknologi berbasis web dibelakang browser Opera Mini, tapi jika ini dapat menghemat waktu dan uang dalam perjalanan, saya pasti menginginkannya. Aplikasi ini menjadi aplikasi wajib dikala bepergian.”

Bayangkan anda berlibur dari Amerika Serikat dan harus membayar US$20.00 per megabyte untuk pemakaian data. Hal ini akan membebani anda US$8.75 (448 KB) untuk membuka aplikasi Facebok, atau US$11.70 (599 KB) untuk mengunjungi halaman Facebook Touch dengan browser biasa. Dengan Opera Mini, anda hanya mengeluarkan US$1.80 untuk membuka halaman yang sama, yang mengecilkan hingga 92 KB.* Jadi anda dapat mengunjungi Facebook di Opera Mini 4.9 kali lebih daripada lewat aplikasi, dan 6.5 lebih dari browser biasa, dengan harga roaming yang sama. Opera Mini tersedia dan gratis diunduh dari app store favorit anda atau m.opera.com.

Sekarang orang ingin selalu terhubung, bahkan dengan harga roaming yang mahal. Anda ingin tetap berhubungan dengan teman dan keluarga (bahkan kantor) ketika sedang cuti, ditambah tetap online untuk mencari tahu tujuan wisata anda berikutnya, melihat daftar restoran atau melakukan online check-in untuk penerbangan anda pulang ke rumah.

“Dengan berbagai cara untuk mengurangi biaya roaming internasional anda, tidak perlu mematikan ponsel dan takut biaya browsing internet yang membengkak,” ujar Jan Standal dari Opera Software. “Browser yang dapat mempercepat loading halaman web anda adalah solusi tepat untuk roaming internasional, dan berarti lebih cepat dan hemat ketika berlibur.”

Untuk tips dan tricks lebih mengenai berlibur dengan browser Opera, kunjungi www.opera.com/travel.

* Ukuran kilobyte dihitung berdasar hasil kilobyte rata-rata dari membuka aplikasi Facebook dan mengunjungi touch.facebook.com (dari Opera Mini dan browser bawaan ponsel) 10 kali di iPhone dan ponsel Android, untuk mengetahui variasi di ukuran halaman dan konten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar