Jumat, 13 Juli 2012

Home » Mengayuh Sepeda Bisa Kurangi Hukuman Tahanan di Brasil

Mengayuh Sepeda Bisa Kurangi Hukuman Tahanan di Brasil

Tampaknya pemerintah Brasil terus berinovasi dalam memberdayakan para narapidana. Setelah menawarkan potongan masa hukuman dengan membaca buku, kini melalui mengayuh sepeda. Para napi di penjara Santa Rita do Sapucai menghasilkan listrik melalui kayuhannya tersebut.

Bila tahanan mengayuh sepeda 3-8 jam dalam sehari maka ia mendapat pengurangan hukuman sehari. Ide nyeleneh ini didapat oleh hakim Jose Henrique Mallmann, yang terinspirasi dari tempat fitness di Amerika. Di sana orang yang berolahraga mengayuh dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik.

"Kami menghabiskan sepanjang hari terkunci di sel dan hanya melihat matahari 2 jam sehari," ungkap salah satu tahanan, Ronaldo da Silva. "Kini kami bisa menghirup udara segar. Menghasilkan listrik untuk kota dan sekaligus mendapatkan kebebasan kami."

Ronaldo sendiri telah berhasil mengurangi 20 hari hukuman dan kehilangan berat 9 pounds. Masih ada 8 peserta lain dari program yang sudah berjalan 2 bulan ini. Mereka mengaku berkeringat banyak namun sedikit teratasi dengan menghirup udara pegunungan yang segar.

"Ini situasi yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak," ujar kepala penjara, Gilson Rafael Silva. "Orang-orang pinggiran biasanya tidak hanya ingin segera dibebaskan tapi juga mendapatkan harga dirinya kembali."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar