Jumat, 13 Juli 2012

Home » Makam Nabi Muhammad SAW Di Madinah Arab

Makam Nabi Muhammad SAW Di Madinah Arab

Al-Masjid al-Nabawi sering disebut Masjid Nabawi, adalah sebuah masjid yang terletak di kota Madinah. Disini sebagai tempat peristirahatan terakhir Nabi Muhammad, lokasi ini dianggap tempat tersuci kedua dalam Islam oleh kaum Muslim (yang pertama adalah Masjid Al-Haram di Mekkah) dan merupakan salah satu mesjid terbesar di dunia. Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun dalam sejarah Islam. Pada mulanya lokasi ini merupakan tempat tinggal (rumah) Nabi Muhammad, ia tinggal di sana setelah Hijrah ke Madinah, kemudian membangun sebuah masjid. Rencangan dasar bangunan masjid ini telah diadopsi dalam membangun masjid-masjid lainnya di seluruh dunia.





Salah satu keunikan yang paling terkenal dari tempat ini adalah Kubah Hijau yang berada di atas tengah masjid, yang mana didalamnya terdapat makam Nabi Muhammad berada. Hingga kini tidak diketahui persis kapan dibangunnya kubah hijau tersebut tetapi menurut sejarah sudah mulai ada pada awal abad ke-12. Kubah Hijau disebut juga sebagai Kubah Nabi. Para sahabat nabi, yaitu Abu Bakar dan Umar juga dimakamkan di dalam masjid ini.





Dari dalam masjid inilah kita dapat menyimak suasana makam Nabi Muhammad seperti apa, walau sebenarnya yang diharapkan adalah ingin dapat melihat secara lebih dekat lagi. Kawasan ini sangat terjaga, selain hanya pria saja yang dapat masuk, penjagaannya pun sangat ketat. Believe it or not, semua kembali kepada kepercayaan kita masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar