Jumat, 13 Juli 2012

Home » Blue Mosque Di Istanbul Turki

Blue Mosque Di Istanbul Turki

Disebut dengan Sultan Ahmed Mosque adalah sebuah masjid bersejarah di Istanbul, kota terbesar diTurki dan ibukota Kekaisaran Ottoman (1453-1923). Masjid ini dikenal sebagai Masjid Biru karena khas ubin biru menghiasi dinding-dinding interiornya. Dibangun pada tahun 1609-1616, selama pemerintahan Ahmed I. Seperti mesjid lainnya, juga terdiri dari makam pendiri, madrasah dan rumah perawatan. Sementara ini masih digunakan sebagai masjid tempat masyarakat melakukan ibadah shalat, Masjid Sultan Ahmed juga menjadi daya tarik wisata populer.



Sultan Ahmed Masjid menggabungkan beberapa elemen Byzantium dari Hagia Sophia (mesjid tetangga yang berdekatan) dengan arsitektur tradisional Islam dan dianggap sebagai masjid besar terakhir dari periode klasik. Arsitek telah disintesis dengan kemampuan ide-ide Sinan tuannya, bertujuan untuk menciptakan yang luar biasa, keagungan dan kemegahan ukuran. Memiliki 6 menara dan 1 kubah besar utama.



Paus Benediktus XVI sempat mengunjungi Masjid Sultan Ahmed pada tanggal 30 November 2006 selama kunjungannya ke Turki. Ini adalah kunjungan kepausan kedua dalam sejarah ke tempat ibadah Islam. Setelah melepaskan sepatu, Paus berhenti dua menit penuh, mata tertutup dalam meditasi diam, berdiri berdampingan dengan Mustafa Çağrıcı, Mufti Istanbul, dan Emrullah Hatipoglu, Imam Masjid Biru.



Paus berkata, “Semoga semua orang percaya akan satu Tuhan dan menjadi saksi persaudaraan sejati.” Paus mencanangkan bahwa Turki “akan menjadi jembatan persahabatan dan kerjasama antara Timur dan Barat”, dan ia mengucapkan terima kasih kepada orang-orang Turki “untuk kebaikan dan simpatinya” katanya, “merasa dicintai dan dipahami.”



Bagi para turis (siapapun) dapat masuk kedalam untuk melihat-lihat. Untuk masuk kedalam, kita harus membuka sepatu kita, lalu memasukkannya kedalam plastik yang telah disediakan.





Bagi kamu yang menganut agama Islam dan berkesempatan untuk berkunjung ke Blue Mosque, sempatkanlah untuk singgah dan bersembahyang disini.







sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar