Senin, 07 Mei 2012

Home » Review Samsung GT-S5360 Galaxy Y

Review Samsung GT-S5360 Galaxy Y


Review Samsung GT-S5360 Galaxy Y




Setelah terkenalnya Galaxy Mini sebagai smartphone Android low-end milik Samsung, kini Samsung mencoba merilis smartphone low-end lain yang tidak bisa diremehkan, yaitu Galaxy Y. Huruf Y disini merupakan singkatan dari Young , dimana smartphone ini ditargetkan untuk pengguna entry level.
Namun dalam segi layar smartphone ini memiliki ukuran 3 inci, lebih kecil dari pendahulunya Galaxy Mini yang memiliki ukuran 3.14 inci. Kamera pun hanya 2 MP mengalami penurunan dari Galaxy Mini yang memiliki kamera berukuran 3.15 MP. Namun selain penurunan, ada juga kenaikkan spesifikasinya seperti prosesor yang lebih besar menjadi 832 MHz dan bobot yang lebih ringan dari Galaxy Mini menjadi 97.5 gram saja. Smartphone ini dibandrol sekitar 1juta - 1.5 juta rupiah.
Walaupun ditujukan untuk entry level, tapi smartphone ini sudah dipersenjatai dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Berikut spesifikasi resmi dari Galaxy Y:
• GSM / EDGE / UMTS (3G) / HSDPA
• Android Gingerbread 2.3.5
• Prosesor 832 MHz
• Layar kapasitif 3.0 inci beresolusi 320X240 piksel
• Kamera 2MP
• RAM 256MB, 164MB storage
• WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth v3.0, A-GPS

Desain dan Bodi

Desain dari Galaxy Y ini simpel dan sangat mirip dengan Galaxy Ace dalam ukuran yang lebih kecil. Galaxy Y memiliki dimensi 104 x 58 x 11.5 mm. Seluruh bodi smartphone ini terbuat dari plastik, namun dengan adanya balutan krom di sekeliling bodi memberi kesan elegan, sehingga tidak terlihat murahan. Bagian belakang bermotif sehingga tidak meninggalkan bercak jari. Pada bagian depan layar di kelilingi dengan frame hitam. Sayangnya slot memori microSD tidak hot-swap, sehingga anda harus membuka back cover untuk akses memory card.
Pada bagian muka atas terdapat earpiece dan proximity sensor untuk mematikan layar. Bagian bawah ada tiga tombol, tombol tengah/home merupakan tombol fisik sedangkan dua tombol lainnya (menu, back) merupakan tombol kapasitif. Pada bagian atas terdapat port headset 3.5 mm dan port micro USB. Pada bagian kiri terdapat lubang untuk strap dan tombol volume. Bagian bawah hanya terisi lubang mic. Pada bagian kanan hanya terdapat tombol power/lock. Pada bagian belakang terdapat speaker dan kamera.
Kualitas layar yang digunakan Samsung Galaxy Y ini tidak berbeda dengan Galaxy Mini. Sehingga membuat kurang nyaman jika dilihat jika berlama-lama.
Samsung GT-S5360 Galaxy Y Review Gallery

Antar Muka
Galaxy Y ini sudah tertanam Android Gingerbread terbaru versi 2.3.5 dengan TouchWiz 3.0 seperti handphone keluaran Samsung lainnya. Tampilan TouchWiz menjadi salah satu standar wajib di setiap smartphone Samsung.

Home screen mampu memuat hingga 7 halaman, yang dapat ditambahkan item-item seperti widget, shortcut, dan folder. Galaxy Y ini juga bisa dipasangkan Live Wallpaper.

Menu tampil dengan deretan ikon 3 x 4 dengan latar belakang transparan hitam. Ikon-ikon yang ada dapat diubah posisinya sesuai keinginan. Jumlah halaman pada menu dapat bertambah sesuai dengan banyaknya ikon yang ada.

Bar notifikasi khas Android juga hadir untuk memberi informasi dan mengaktifkan beberapa option konektivitas. Seperti biasa yang anda butuhkan untuk menampilkan layar notifikasi hanya dengan sapuan jari dari atas ke bawah.

Input Text
Terdapat tiga metode input default, yaitu DioPen Chinese, Samsung keypad, dan Swipe. Untuk Samsung keypad terdapat empat tipe untuk posisi potrait, yaitu Qwerty keypad, 3x4 Keypad, Handwritting box 1, dan Handwritting box 2. Untuk posisi landscape terdapat full QWERTY keyboard.

Walaupun memiliki layar hanya 3 inci namun untuk melakukan pengetikan kami tidak mengalami kesulitan. Bagi anda yang meilliki jari yang besar bisa menggunakan keyboard dalam posisi landscape.


Contacts
Untuk urusan contact, Samsung Galaxy Y ini sudah dapat mengintegrasikan akun Gmail, Facebook, Twitter, Microsoft Exchange, dan Samsung Account. Anda tidak dibatasi untuk memasukkan jumlah contact. Anda dapat melakukan Swipe di contact ke arah kiri untuk menelpon dan ke arah kanan untuk SMS, suatu cara yang praktis bukan?

Tiap contact memiliki empat tab, yaitu Info, History, Activities, dan Media.

Messanging
Galaxy Y dapat mengirim pesan seperti SMS, MMS, Email, dan IM. Untuk menulis MMS anda hanya tinggal masukkan media (gambar, video, audio, dll) saat menulis pesan.
Untuk masalah email, Galaxy Y ini sudah dilengkapi dengan email milik Google yaitu Gmail. Tampilannya sederhana seperti bawaan handphone Android lainnya. Anda dapat pula memasukkan akun email lain secara manual.

Untuk instant messaging terdapat Gtalk sebagai aplikasi IM bawaan. Jika anda ingin menggunakan aplikasi IM lain, langsung saja ke Android Market untuk mengunduhnya.


Camera
Samsung penerus Galaxy Mini ini dilengkapi dengan kamera beresolusi 2 MP fixed focus saja, tanpa flash. Ya, seperti yang sudah ditulis diatas, Galaxy Y mengalami penurunan resolusi kamera dibanding Galaxy Mini. Fitur-fitur yang si sematkan adalah shooting mode, scene mode, brightness, timer, resolusi, white balance, efek, metering, kualitas, guidelines, review, GPS, shutter sound, reset. Anda harus memasukkan kartu memori untuk dapat menggunakan fitur kamera.

Hasil kamera untuk indoor terlihat noise yang agak mengganggu, dan warna terlihat kurang cerah. Untuk hasil outdoor gambar terlihat baik dan cukup detail, walau warna masih terlihat kurang cerah


Perekam Video

Untu perekam video, kamera di Galaxy Y ini mampu merekam hingga resolusi QVGA 320x240 15fps. Fitur yang ada seperti recording mode, brightness, timer, resolusi, white balance, efek, kualitas video, guidelines, review, reset.

Daya Tahan Baterai

Smartphone Galaxy Y ini memiliki kapasitas baterai sebesar 1200mAh. Baterai ini dikatakan sanggup bertahan hingga 5 jam untuk Talk Time di jaringan 3G dan 350 jam untuk Stand-by di jaringan 3G. Berdasarkan unit yang kami tes, baterai dapat dibilang mumpuni untuk menyokong kegiatan anda.

Kesimpulan

Sebagai penerus generasi Galaxy di kelas low-end, Galaxy Y ini patut diancungi jempol karena dengan harga yang dibandrol hanya sekitar 1 juta – 1.5 juta, anda sudah mendapatkan device Android versi 2.3.5 dan berprosesor 832MHz. Cukup menggiurkan bukan?

Kelebihan

• Prosesor besar untuk kelasnya
• Performa yang baik
• Desain yang elegan
• Harga yang terjangkau
• Bentuk kecil dan compact

Kekurangan
• Kualitas layar yang kurang baik
• Slot memori tidak hotswap
• Penurunan resolusi kamera dari generasi sebelumnya


Sumber : www.teknoup.com

1 komentar:

  1. Awali hidup baru pintar dengan Samsung GALAXY Y Samsung S5360 untuk Anda yang muda dan dinamis dimana saja namun ingin tetap berhubungan dan terhubung. Dilengkapi dengan sistem operasi Android terkini dengan aplikasi menarik, download lebih cepat, konektivitas Wi-Fi dan intuitif yang lebih menarik. Akses aplikasi berbasis web dan mobile internet dengan lebih mudah untuk generasi baru yang selalu bergerak.

    Kinerja yang kuat berpadu dalam gaya, desain kompak dalam prosesor Samsung GALAXY Y. Dengan prosesor yang lebih kuat, kecepatan download 7,2Mbps membuat ponsel ini menjadi pemenang. Dilengkapi dengan bodi kompak yang menarik dan layar 3" yang membuat Anda merasa nyaman saat melihat video dan bermain game.

    Dengan sistem operasi Android yang paling up-to-date memberikan pengalaman pengguna yang halus dan dilengkapi dengan layanan Google Mobile yang menakjubkan antarmuka aplikasi berbasis web dengan berbagai pilihan dalam hiburan, rekreasi dan pilihan gaya hidup. Social Hub mengintegrasikan teks, pesan, email dan update SNS menjadi satu portal tunggal untuk diakses setiap saat. Free Samsung Apps (dan yang berbayar) keduanya berguna dan berharga dan membuat hidup Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

    Nikmati TouchWiz UI yang mengesankan secara visual dan penyempurnaan interface yang lebih berwarna. Anda dapat sesukanya menyesuaikan homescreen Anda karena Anda mengetahui fitur, aplikasi dan konten yang paling penting bagi Anda. Fungsi Multi-touch zoom untuk web browsing dapat memperbesar halaman website dan memperoleh setiap detil. Anda juga dapat mencari aplikasi dan daftar kontak Anda dengan teks atau suara untuk menemukan apa pun atau siapapun yang Anda inginkan.

    Tetap terhubung dengan dua pilihan wireless dan wired yang tersedia pada Samsung GALAXY Y. Tak perlu khawatir mengenai terhubung Internet dengan Wi-Fi (b/g/n) untuk koneksi wireless yang lebih stabil dan aman sehingga Anda dapat mengirim dan mengakses rekening secara online kapan saja. Aplikasi tethering juga memungkinkan berbagi koneksi Internet tablet atau laptop melalui ponsel Anda.

    BalasHapus