Rabu, 03 September 2014

Home » , » Spektakuler, Arsitektur Tangga Spiral ini Bakal Buat Anda Terpukau

Spektakuler, Arsitektur Tangga Spiral ini Bakal Buat Anda Terpukau


Dunia Informasi – Bicara tentang arsitektur bangunan, mungkin sebuah tangga bukanlah hal pertama yang akan terlintas dalam pikiran anda. Masih banyak bagian lain dari arsitektur sebuah bangunan yang terlihat lebih menonjol dan menjadi pusat perhatian. Namun, arsitektur tangga spiral di bawah ini sangat jauh dari biasanya, bahkan mungkin menjadi hal pertama yang akan menyita perhatian anda.

Sebelumnya, terlebih dahulu anda harus tahu bahwa kebanyakan tangga-tangga yang sering kita lihat bentuknya spiral itu sebenarnya secara teknis bukanlah spiral melainkan heliks. Jika memang spiral tangga itu seharusnya berputar mengelilingi titik pusatnya. Tapi jika tangga itu berputar pada jarak tertentu dari titik pusat dan mengambil lebih banyak tempat pada sisi lain, maka itulah yang disebut dengan heliks.

Terlepas dari itu, apakah spiral ataupun heliks, namun arsitektur tangga di bawah ini sangat fenomenal, berikut foto-foto tangga mengagumkan :

1. “Momo Stairs” – Naoto Tsujimoto


Tangga dengan hiasan menakjubkan ditampilkan di Museum Vatikan. Terdiri dari dua tangga heliks terpisah, satu menuju ke atas dan satu lagi ke bawah yang memutar bersama-sama untuk membuat formasi double heliks.

2. “Down the Well” – Matthias Haker


The Quinta da Regaleira, sebuah perkebunan di Sintra, Portugal. Tampilannya lebih mirip menara bawah tanah yang dilapisi dengan tangga.

3. “In the Eye of Basilisk” – Lucas Portee


Menurut fotografer, tangga ini ditemukan di sebuah kastil yang ditinggalkan di antah berantah. Lokasi misteriusnya menambah nuansa mistis dalam penampilannya.

4. “Crazy Eye” – Izador Gasperlin


Tangga spiral indah berbahan kayu dengan hiasan lampu hijau menyala membuatnya semakin terlihat menyeramkan.

5. “Falling” – Matthias Haker


Meskipun catnya mengelupas dan terlihat sedikit lebih buruk, namun tetap mempertahankan keindahan aslinya.

6. “Follow the Red” – Laszlo Gal


Tangga batu ini dapat ditemukan di Bory Castle of Szekesfehervar, Hongaria. Kastil dibangun oleh pematung Hungaria dan arsitek Jeno Bory antara tahun 1923 dan 1959, dengan bantuan beberapa murid-muridnya.

7. “Gotham Spiral” – Matthias Haker


Amazing, anda akan merasa pusing hanya dengan melihatnya saja.

8. “Vortex” – Vincent Spanneut


Tangga spiral yang terkenal di Gaudi Sagrada Familia, Barcelona. Dengan menatap pusatnya, tangga nampak seolah-olah panjang tiada henti.

9. “Magic Staircase” – Tony Antoniou


Markas besar Magic Circle, Organisasi Inggris yang mempromosikan seni sulap, adalah rumah bagi tangga biru terang ini.

10. “Clip” – Gabriel Biel


Sebuah hotel di Hannover, Jerman memiliki tangga berkelok-kelok ini. Rel tangga merah cerah dipadukan dengan lantai tangga hitam berbintik tentu memberikan pop warna berbeda.

11. “Twisted Blue Metal” – Matthias Haker


Tangga dengan logam kebiru-biruan, terlihat seperti gambar abstrak dan bukan tangga nyata. Padahal ini adalah tangga spiral yang nyata.

12. “Marta y Kiko” – Javier Sanchez


Terletak di Granada, Spanyol, dipenuhi marmer dan besi putih membuatnya terkesan romantis.

13. “Spinning Out of Control” – Ryan C. Anderson


Pola-pola yang menghiasi tangga serta lantai di sekitarnya membuat anda tercengang. Tangga ini dapat ditemukan di San Francisco, Amerika Serikat.

14. “The Drunken Painter & the Staircase” – Carsten Heyer


Sebuah tangga spiral panjang yang ditemukan di Jerman, dengan sentuhan warna merah cerah.

15. “Swirl” – Iain Blake


The Queen’s House di Greenwich, London adalah rumah bagi tangga ini, yang dikenal sebagai The Tulip Stairs (Tangga Tulip).

Dari 15 tangga spiral di atas, manakah yang paling mengagumkan menurut anda?

sumber: Earthporm

# via /duniasejutawarna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar