Jumat, 14 September 2012

Home » Hati Hati Terhadap Saos Sambal yang Anda Makan

Hati Hati Terhadap Saos Sambal yang Anda Makan




Mie ayam atau bakso yang dijual dipinggir jalan akan terasa nikmat bila di tambah saos sambal. Saos sambal ada yang diproduksi secara higienis dan memperhatikan kemanan pangan, ada juga yang “abal-abal”. Tetapi apakah sebagian masyarakat dari kita mengetahui akan bahayanya saos sambal “abal-abal” terhadap tubuh kita. Atau mungkin sebagian dari kita menutup mata akan hal tersebut.





Ternyata pembuatan saos sambal “abal-abal” ini menggunakan bahan baku cabe busuk. Cabe busuk tersebut pasti telah ada ulat dan belatung. Semuanya diproses menjadi satu bersama bahan lainnya, hal tersebut dilakukan untuk menekan biaya produksi.


Berikut cara pembuatan saos sambal “abal-abal” :


Bahan baku yang digunakan sebagian besar produsen adalah cabe busuk. Cabe tersebut sangat mudah didapat dipasaran


Pewarna yang dipakai adalah pewarna tekstil untuk memberi kesan warna merah yang mencolok


Pemanis yang digunakan adalan pemanis buatan seperti sakarin dan aspartam


Lalu sebagai unsur pengawetnya diberikan sodium benzoat. Zat tersebut dapat menghambat aktifitas bakteri pembusuk. Kemudian diaduk seluruh bahan tersebut,proses pembuatan saus sambal yang sangat tidak layak. Buah-buahan yang sudah busuk dihaluskan bukan dengan mesin tapi dengan diinjak-injak. lalu dikemas pada botol bekas yang tidak higienis, kemudian direndam di air berkaporit.





Berikut bahaya akibat mengkonsumsi saos sambal “abal-abal” :


Penyakit kanker. Didalam saos sambal terdapat logam berat pada sodium benzoat yang berfungsi sebagai bahan pengawet


Alergi atau gangguan tenggorokan. Seseorang akan sangat mudah terkena alergi atau gangguan tenggorokan bila mengonsumsi saos tomat secara berlebihan


Asma semakin parah. Bagi penderita asma akan mudah sesak nafas akibat zat-zat yang terkandung didalamnya


Diabetes. Saos sambal yang menggunakan sakarin memicu penurunan resiko diabetes


Gangguan sistem syaraf. Saos sambal tersebut mengandung timbal berisiko tinggi yang menyebabkan gangguan syaraf pada otak manusia


Selain hal-hal diatas, mungkin terdapat banyak lagi dampak yang terjadi akibat saos sambal “abal-abal”. Nah, sekarang kita telah mengetahui bersama-sama bahayanya mengkonsumsi saos sambal “abal-abal”, ada baiknya mulai sekarang kita mengontrol konsumsi saos sambal tersebut.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar