Senin, 17 November 2014

Home » , , » Xiaomi Redmi Note, Phablet Pertama Xiaomi, Octacore 2 Jutaan

Xiaomi Redmi Note, Phablet Pertama Xiaomi, Octacore 2 Jutaan



Dunia Informasi - Tak hanya menggelontorkan Xiaomi Redmi 1S yang tengah populer di kalangan pemburu smartphone, vendor asal Tiongkok juga merilis versi phabletnya yang dijuluki Xiaomi Redmi Note. Sayang, sang vendor memang belum menjual Redmi Note secara resmi di Indonesia. Namun, PULSA berhasil mendapatkan Redmi Note handcarry asal Malaysia untuk diuji di meja redaksi.

Secara tampilan, Xiaomi Redmi Note sebenarnya identik dengan Xiaomi Redmi 1S. Hal yang membedakan adalah ukuran layar yang lebih lega serta beberapa polesan khusus di sektor fisik. Termasuk peningkatan kualitas di beberapa sektor seperti prosesor, sistem operasi hingga kamera.

Desain

Dimensi: 154 x 78.7 x 9.5 mm; Berat: 199 gr;



Bentuk smartphone ini memiliki kemiripan dengan Xiaomi Redmi 1S. Bedanya, sektor depan didominasi dengan panel layar hitam glossy yang terlihat premium plus tombol sentuh dengan backlight beraksen merah di bagian bawah. Casing belakang yang sekaligus menjadi penutup bodi juga berfinishing glossy, hanya saja warnanya putih. Hati-hati memperlakukan casing belakang yang terbuat dari plastik ini karena tipis dan terkesan rentan.





Redmi Note terasa solid dalam genggaman karena bobotnya yang berat, hanya saja agak licin dan nuansa plastiknya masih agak terasa. Bisa dimaklumi karena vendor pun harus mempertimbangkan biaya produksi untuk smartphone berharga terjangkau ini. Ukurannya yang besar membuat lebih nyaman diakses dengan dua tangan khususnya saat mengetik.



Di panel depan atas tertanam speaker telepon sementara sebelah kirinya tertanam kamera 'selfie'. Di sisi kanan tertanam tombol volume dan power yang terletak berdampingan. Kemudian di ruas atas sudut kanan terdapat port audio 3.5mm. Port micro USB menghuni sisi bawah Redmi sementara di bagian belakang atas bodi tertanam kamera, lampu kilat dan speaker multimedia.


Display

Layar: IPS Retina Display capacitive touchscreen, 16M colors; 720 x 1280 pixels, 5.5 inci (~267 ppi pixel density), lapisan anti gores





Nah buat Anda yang ingin menikmati layar lega, Xiaomi Redmi Note bisa jadi pilihan dengan bentang layarnya seluas 5,5 inci. Namun dengan resolusi 720 x 1280 piksel, kerapatannya ternyata ada di bawah Xiaomi Redmi 1S (312 ppi). Buat mata awam, sebenarnya tak masalah, karena viasual yang tertampil di layar tetap tajam serta reproduksi warna terlihat natural dan akurat.

Saat diuji PULSA, panel sentuhnya ternyata dilapisi pelindung anti gores yang membuatnya tak mudah tergores sembarang benda tajam. Xiaomi Redmi Note didukung beberapa sensor seperti direction Sensor, G-sensor, acceleration sensot, light sensor proximity sensor, gyro sensor, linear acceleration sensor dan rotation vector sensor.


OS dan Interface

Android 4.2.2 Jelly Bean, MIUI



Satu hal yang sangat disayangkan, Xiaomi Redmi Note masih menjejalkan sistem operasi Android 4.2.2 (Jelly Bean) yang bahkan versinya di bawah Xiaomi Redmi 1S (v 4.3). Tapi sama seperti yang sudah kami paparkan di edisi lalu, ada kemungkinan update ke Android KitKat bakal digulirkan berbarengan dengan kehadiran antarmuka MIUI 6.0.

Tak perlu bicara panjang lebar, sama seperti yang terdapat pada Redmi 1S, OS Android Jelly Bean ini sudah dikostumisasi dengan firmware MIUI besutan Xiaomi. Injeksi antarmuka ini membuat performa ponsel terasa atraktif dan responsif. Navigasinya pun terkesan simpel dan menyenangkan ditambahi dengan beberapa fitur dan fungsi tambahan.

Terlihat bahwa MIUI seperti terinspirasi antarmuka iOS pada iPhone bedanya hanya pada level pengoperasian. Tak ada halaman menu khusus (apps drawer) seperti Android pada umumnya, karena aplikasi dan widget disatukan pada panel-panel yang tersedia pada home screen yang bisa ditambahkan sebanyak mungkin sesuai kebutuhan.

Halaman notifikasi bisa diakses dengan menyapukan jari dari sudut atas layar ke bawah menampilkan tab notifikasi dan tooggle. Pada tab toggle, Anda bisa mengaktifkan atau mematikan fitur penting seperti wifi, sambungan data operator, rotasi otomatis layar, Bluetooth dan sebagainya.


Hardware

Chipset: Mediatek MT6592;
Prosesor Octa Core 1.7 GHzARM Cortex A7; 
GPU Mali 450 MP4; 
RAM 2GB, Storage 8GB;
Battery: Li-Po3200mAh



Meski mengusung chipset MediaTek yang memang identik dengan Android pabrikan Tiongkok, namun Xiaomi Redmi Note tak mau main-main. Chipset MTK MT6592 prosesor octa core ber-clockspeed 1.4 GHz dipadukan dengan RAM 2GB membuatnya bisa berakselerasi dengan cepat serta minim lag.

MediaTek MT6592 pada Redmi Note benar-benar mengemas prosesor 'true octa core' yang semuanya bisa beroperasi dalam waktu bersamaan. Selain itu, pengolah grafis Mali 450 MP4 membuat tampilan yang terpancar di layar terasa optimal khususnya saat bermain game atau menonton film. Dengan kombinasi spesifikasi yang ada, setidaknya aspek multitasking bukan lagi masalah.

Redmi Note hadir dengan media penyimpanan sebesar 8GB. Dari total 8GB yang disediakan sang vendor, hanya tersisa sekitar 5,92 GB untuk mendia penyimpanan. Jika belum puas, ruang penyimpanan bisa diperbesar via slot microSD yang bisa disisipi kartu memori hingga 32GB.

Soal baterai, sama seperti Redmi 1S, power management ponsel ini terbukti efisien. Dengan kapasitas 3200 mAh, daya tahan baterai sedikit lebih lama dari seri sekelasnya yang ada di pasaran saat ini. Pengelolaan power pada MIUI membuatnya mampu mereduksi pemborosan daya. Juga berkat MIUI launcher yang ringan karena tak disesaki bermacam software custom yang biasanya terdapat di smartphone.

Perbandingan Hasil Benchmark




Kamera dan Video

13MP, 4208 x3120piksel, autofocus, LED flash, effect, BSI, flash,HDR, Geo tagging, Face detection; Kamera Sekunder:5MP (2592x1936 piksel); Video: 1080p@30fps





Di bagian belakang ponsel ditemukan kamera berkekuatan 13 megapiksel dengan lensa wide angel 28mm plus LED flash. Di bagian depan tertanam kamera berkekuatan 5 megapiksel. Mengingat harganya, kamera yang disuguhkan Redmi Note termasuk mumpuni.

Kamera utamanya mampu menghasilkan foto yang bening, detil dan tajam. Hanya saja dalam kondisi tertentu kualitas warnanya terasa kurang memuaskan. Khususnya dalam kondisi gelap dan minim sinar matahari pada situasi outdoor. Lebih jauh, beragam fitur kamera standar sudah dibenamkan dalam ponsel ini. Mulai dari Focus Mode, Face detection, ISO control, White balance presets, Exposure, High Dynamic Range mode (HDR), Scenes hingga Effect. Ponsel ini pun bisa merekam video kualitas full HD 1080p.

Hasil Kamera






Internet dan Konektifitas

Dual SIM| Quad band GSM| Dual band HSDPA| Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot| Bluetooth v4.0 with A2DP | microUSB v2.0| USB On-the-go |GPS | Browser: HTML5, Adobe Flash |



Konektifitas yang disuntikkan pada Redmi Note tak jauh berbeda dengan Android sekelasnya. Mulai dari WiFi, Bluetooth dan GPS. Selebihnya, Xiaomi Redmi Note sudah mendukung USB On-The-Go (OTG). Fasilitas ini memungkinkan Anda bertukar data dengan perangkat lain atau mengakses file dari flashdisk secara langsung alias tinggal menancapkan pada kabel OTG.

Seperti ponsel asal Tiongkok pada umumnya, Redmi Note juga sudah dibekali dengan slot dual SIM card. Jadi, tak perlu kuatir buat Anda yang memiliki beberapa pilihan nomor operator, ponsel ini sudah bisa diandalkan. Lebih dari itu, dukungan 3G membuatnya bisa mengakses internet sepuasnya. Sayang, ponsel ini belum mendukung LTE.


Fitur Unggulan

Torch, WPS Office, Mi Talk, Mi Cloud, Lite Mode, Swift Key Pro, Security apps



Sama seperti yang dibenamkan pada Xiaomi Redmi 1S tersedia sederet aplikasi bawaan. Untuk mengelola dokumen, Xiaomi sudah menyematkan WPS Office untuk mengedit serta membuat dokumen baru dalam format word, Powerpoint dan Excel. Pada versi Redmi Note yang kami uji seperangkat fitur Google alias Google Mobile Services sudah tertanam. Di dalamnya terbenam aplikasi khas Google mulai dari Gmail, Play Store dan Maps, Voice Search hingga Drive.

Menahan tombol home saat ponsel terkunci akan mengaktifkan senter atau torch. Sebuah fitur yang nyaman tentu saja, karena kerap kali senter ini sangat dibutuhkan. Lite Mode bisa diaktifkan jika Anda ingin kepraktisan ala featured phone. Buat yang ingin mengeksplorasi area keypad virtual, Xiaomi menyediakan juga Swift Key Pro yang memiliki perbedaan fitur dan fasilitas dari keypad Android standar.

Xiaomi juga menyediakan layanan cloud sendiri yang memungkinkan Anda mengirimkan SMS berbasis cloud ke ponsel Xiaomi yang lain. Redmi Notememiliki MiCloud yang merupakan layanan penyimpanan awan lintas perangkat. Ada juga MiTalk yang bisa difungsikan sebagai sarana chatting antar sesama pengguna Xiaomi. Aplikasi Security tersedia dengan beragam fungsi mulai dari cleaner, data usage, blocklist, power, virus scan dan permission.




Kelebihan
• Kamera Berkualitas
• Display Memuaskan

Kekurangan
• OS versi lama
• Casing belakang rentan goresan
• Belum LTE

Kesimpulan

Xiaomi Redmi Note sebenarnya bukanlah flagship baru dari sang vendor. Seri ini menghadirkan kapabilitas dual SIM card dan dapur pacu yang diperkuat prosesor octa core besutan MediaTek. Biasanya vendor berkompromi saat mematok harga jual tertentu, namun ternyata dibalik banderol terjangkaunya, Redmi Note mengusung satu paket fitur dan spesifikasi memuaskan. Mulai dari kamera 13 megapiksel, display IPS 5,5 inci 720p.

Kelemahan yang terkuak dari Redmi Note ini adalah di sektor sistem operasi, Yups, smartphone ini masih saja mengadopsi Android 4.2.2 Jelly Bean, sementara banyak seri dengan harga setara sudah menawarkan OS yang lebih mutakhir KitKat (v4.4). Untung saja launcher atau interface MIUI-nya bisa menutupi minus tersebut. (Hari Pitrajaya)

# sumber tabloidpulsa.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar