Kamis, 14 Agustus 2014

Home » , , » Cara Yang Benar Duduk di Depan Komputer

Cara Yang Benar Duduk di Depan Komputer



Dunia Informasi – Duduk di depan komputer seharian pasti sangat melelahkan. Bukan hanya punggung dan pinggang terasa kaku, jika terlalu lama mata bisa berair. Otot-otot leher dan bahu pun terasa tegang.

Segala perasaan tidak nyaman itu akan Anda dapatkan jika tidak menerapkan postur duduk yang benar. Lantas bagaimana postur duduk yang ideal? Mengutip Times of India, berikut jawabannya.

Tegak

Sebagai permulaan, Anda harus duduk lurus dan tegak. Usahakan punggung lurus, dan bahu stabil. Ciri bahwa Anda sudah duduk dengan tegak, adalah meyakinkan bokong menyentuh sandaran kursi.

Bantal

Gunakan bantal atau gulungan handuk yang bisa membantu menyangga kurva normal tulang belakang. Bantal itu bisa dijadikan sandaran punggung, atau menopang bokong agar lebih nyaman.

Jarak pandang


Atur jarak pandang, kira-kira seukuran lengan dari layar komputer. Jangan terlalu dekat agar mata tidak lelah. Usahakan tidak duduk dengan menyilangkan kaki. Upayakan kaki rata dengan lantai.

Posisi Anda dengan komputer juga harus diatur. Jangan terlalu rendah atau tinggi. Untuk menjaga bahu relaks, sesekali letakkan tangan atau siku lengan Anda di meja.

Istirahat

Penting untuk sesekali beristirahat. Jangan terapkan posisi duduk yang sama selama 30 menit. Jika leher lelah, gerakkan ke depan-belakang atau kanan-kiri. Menopang kepala dengan kedua tangan di belakang, selama satu sampai dua menit juga membantu.

Berdiri

Ingat untuk berdiri setiap 30 menit sampai satu jam sekali. Anda bisa manfaatkan waktu itu untuk mengambil air atau ke toilet. Bisa juga mengunjungi rekan kerja di meja, atau lakukan peregangan.

Itu penting, meski tujuannya sekadar meluruskan kaki dan punggung.

• VIVAlife

Tidak ada komentar:

Posting Komentar